Sunday, November 24, 2013

Cara Sederhana Mencegah Flu


Kebanyakan orang akan merasa daya tahan tubuhnya menurun jika sudah memasuki musim hujan dan flu menyerang. Resiko ini bisa terjadi pada siapapun, baik orang dewasa, anak anak, laki - laki maupun perempuan.


Ada cara yang tak lazim, yang mungkin sebagian orang tidak menyadarinya bahwa hal tersebut bisa dilakukan untuk mencegah penyakit flu, diantaranya :
a. Hati - hati dalam mengonsumsi antibiotik.
    Perlu diketahui bahwa flu disebabkan oleh virus, sedangkan antibiotik untuk mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Sangat beda bukan? Penggunaan antibiotik yang tidak benar akan mengakibatkan bakteri yang ada malah semakin tinggi. Yang apada akhirnya akan memicu dosis yang lebih tinggi pada kesempatan mengonsumsi antibiotik yang akan datang.

b. Apa itu mentol
     Mentol merupakan ekspektoran , dekongestan yang mampu melawan infeksi demam maupun flu. Jadi pahamilah betul hal ini.

c. Kadar vitamin D dalam tubuh
    Vitamin D sangat mudah didapat, hanya dengan berjemur di bawah sinar matahari, maka kita akan mendapatkannya secara gratis. Sangat mudah bukan?
Ingat.... Vitamin D tidak hanya digunakan untuk melawan flu, tetapi juga bermanfaat untuk melawan infeksi apapun secara umum.

d. Ruangan yang lembab harus diperhatikan
    Jagalah selalu tingkat kelembaban ruangan, karena virus flu sulit untuk bertahan pada suhu yang lembab. 

e. Banyak beraktifitas
    Virus flu akan menghindar dari diri manusia jika manusia tersebut melakukan aktifitas sedang sampai ringan. 
    
f.  Konsumsi buah dan sayur
    Perbanyaklah mengonsumsi buah dan sayur, karena makanan yang berasal dari tumbuhan mengandung fitonutrien yang merupakan alat untuk melawan penyakit serta menjaga kesehatan kita.

g. Gunakan herbal
     Jangan pernah memandang sebelah mata yang namanya bawang putih serta kunyit. Keduanya mengandung senyawa antibakteri dan antiinflamasi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga dari penyakit flu. 

h. Jaga kebersihan tangan
    Pada orang yang terkena virus flu, biasanya virus tersebut sudah masuk melalui celah mata, hidung, maupun mulut. Jadi jangan sembarangan memegang muka dengan kondisi tangan yang kotor. Hal ini bukanya akan menjadi sembuh tetapi kemungkinan akan timbuk penyakit baru.

i.  Pahami tea tree oil
    Tea tree oil mampu membantu melawan penyakit flu, ini sudah dibuktikan di laboratorium dan sudah di buktikan juga kepada manusia.

j.  Jangan bersin sembarangan
    Biasakan menutup mulut saat anda bersin. Karena pada saat bersin, jutaan virus keluar dan sangat mudah menyerang orang lain. Jika anda menggunakan tisu, buang tisu bekas ke tempat sampah dan jangan buang sembarangan.

k. Jaga cairan dalam tubuh
    Daya tahan tubuh akan menjadi lebih baik apabila air yang dibutuhkan dalam tubuh tercukupi dengan baik. Apabila semuanya sesuai dengan yang diharapkan, kemungkinan terserang penyakit juga kecil.

l.  Konsumsi madu
    Antimikroba yang terdapat dalam madu merupakan alat penangkal infeksi. Alangkah baiknya jika air minum yang kita konsumsi sehari hari dikasih madu.
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...