Monday, September 17, 2012

Hati-Hati Jika Sendi Terasa Ngilu


Apakah anda pernah mengalami rasa ngilu pada persendian? Perlu anda waspada jika anda sudah sering merasakannya. Banyak sekali orang selalu berpikiran bahwa ngilu pada persendian maka langsung dikaitkannya dengan penyakit asam urat. Pikiran yang seperti itu perlu untuk dikaji ulang karena tidak semua rasa ngilu pada persendian merupakan asam urat akan tetapi ada penyakit lain yang memiliki gejala yang sama yaitu artritis rematoid (AR).



AR merupakan penyakit autoimun, yaitu sistem kekebalan tubuh yang menyerang jaringan yang sehat yang kemudian menyebabkan peradangan kronis dan kerusakan sendi. Jika ingin memastikan rasa  ngilu yang terdapat pada sendi merupakan asam urat atau bukan maka bisa dilakukan pengecekan darah. Dalam asam urat akan ditemukan kadar asam urat yang tinggi tetapi pada penyakit AR tidak. Perlu dketahui bahwa asam urat kebanyakan menyerang kaum pria sedangkan penyakit AR kebanyakan menyerang kaum wanita.

Jika anda merasakan rasa ngilu atau kaku pada sendi, maka jangan anggap enteng gejala tersebut. Karena banyak sekali jenis penyakit rematik yang memiliki gejala yang sama dan hampir tidak bisa dibedakan.  AR yang meradang akan menyebabkan nyeri sendi, kaku, serta bengkak. Semuanya akan berpengaruh terhadap fungsi sendi, yaitu tulang maupun tulang rawan bisa rusak dan yang paling fatal adalah bisa menimbulkan cacat permanen.

Persendian yang kaku lebih dari 30 menit dan sudah berlangsung lebih dari 6 bulan maka segeralah untuk memeriksakan ke dokter. Lakukan pengecekan ke laboratorium, karena hal tersebut merupakan salah satu gejala penyakit AR. Gejala yang lain adalah penyerangan pada sendi tersebut pada umumnya simetris. Maksudnya jika rasa sakit menyerang jari kanan maka jari kiri juga terasa sakit. Atau kedua lutut kanan dan kiri. AR juga berpengaruh pada organ tubuh yang lain seperti jantung.

Penyakit AR belum bisa disenbukan akan tetapi sudah tersedia obat yang mencegah kerusakan sendi dan sedikit membantu mengurangi rasa nyeri pada sendi. Bagi penderita penyakit AR harus mengonsumsi obat-obatan dalam jangka waktu yang panjang. Teratur minum obat akan menghambat perjalanan perjalanan penyakit serta mencegah komplikasi dengan penyakit lain. 
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...