Friday, October 10, 2014

Olahraga yang Paling Efektif Selain Lari



Olahraga lari memang kegiatan yang murah, bisa dilakukan kapan saja, dan membakar banyak kalori. Meski begitu, ada banyak latihan fisik yang bisa meningkatkan kekuatan dan lebih efektif daripada berlari. 

Matt Wilpers, pelatih triathlon terkenal, menyebutkan beberapa jenis olahraga yang lebih efektif dalam pembakaran kalori. Olahraga ini diukur berdasarkan kalkulator kalori pada pria dan wanita AS berusia 25-an.

1. Aqua Jogging
Olahraga yang bisa dilakukan di kolam renang bukan hanya berenang, tapi juga jogging. Ya, melakukan gerakan seperti jogging di air ternyata lebih efektif untuk melatih kekuatan kardio. “Sangat fantastis, denyut jantung naik seketika dan olahraga ini mudah dilakukan dengan teknik yang hampir sama dengan berlari,”  kata Matt Wilpers. 

Dengan melakukan aqua jogging selama satu jam, pembakaran kalori bisa mencapai 650 untuk wanita dan 850 untuk pria. Kelebihan lain dari olahraga ini adalah menimbulkan dampak yang kecil pada otot dan sendi. 

2. Panjat Tebing
Bagi Anda yang takut dengan ketinggian olahraga ini memang bukan pilihan yang bagus. Tetapi, olahraga ekstrem ini sangat efektif dalam melatih kekuatan dan stamina. Rata-rata kalori yang dibakar mancapai 750 hingga 1.000 selama sejam dengan latihan intensitas tinggi dan waktu istirahat minimal.

3. Lompat Tali
Mungkin terakhir kali Anda melakukan olahraga ini adalah saat masih di sekolah dasar. Olahraga ini sebenarnya cukup menantang dan merupakan latihan kardio yang baik. Banyak orang yang tak bisa melakukan 60 lompatan dalam satu menit tanpa henti. Tetapi, lompatan selama 10 menit sebenarnya mampu membakar kalori antara 90 hingga 120. Tambahkan beberapa menit untuk melakukan pindahan lompatan agar mempercepat pembakaran kalori.

4. Elliptical
Wilpers menyarankan untuk melakukan latihan menggunakan alat elliptical di gym karena mudah dan lebih ringan daripada berlari. Untuk membakar kalori lebih banyak, tarik engkol secara miring dan berlawanan. Olahraga ini dapat membakar sekitar 1.000 kalori selama sejam bagi laki-laki dan 750 lebih kalori untuk wanita.

5. Bermain Basket
Bermain basket merupakan olahraga yang lebih efektif dibanding berlari karena intensitasnya yang tinggi. Gabungan antara lari cepat dengan gerakan yang dinamis saat bertanding akan membakar banyak kalori. Bermain basket selama sejam dapat membakar sekitar 1.000 kalori pada laki-laki dan lebih dari 750 kalori bagi wanita.
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...