Friday, October 5, 2012

Bahaya Kebiasaan Menggigit Kuku


Menggingit kuku merupakan kegiatan yang tak pernah disadari. Orang akan merasa rileks / santai jika melakukan kegiatan ini. Akan tetapi perlu diwaspadai juga, karena kebiasaan ini merupakan salah satu pertanda yang tidak baik dengan kesehatan jiwa/mental anda.

Kebanyakan orang menyepelekan hal ini. Mereka baranggapan bahwa menggigit kuku merupakan hal yang biasa. Para ahli dari Amerika menyebutkan bahwa perilaku seseorang menggigit kuku harus dicermati dan harus diwaspadai.

Lembaga   kesehatan jiwa American Psychiatric Association's Diagnostic and Statistical Manual of Mental Disorders (DSM) menetapkan bahwa kebiasaan menggigit kuku merupakan salah satu ciri orang yeng mengalami gangguan obsesif kompulsif (OCD).

Menggigit kuku mempunyai banyak sekali efek buruk untuk kesehatan manusia. Tidak hanya karena higenitas, tetapi juga dapat memicu infeksi pada kulit, resiko influenza, serta infeksi yang lain yang disebabkan penyebaran dari bakteri kuku tersebut. Maka dari itu, waspadailah jika orang-orang yang berada di sekitar anda memiliki kebiasaan ini.

OCD / gangguan obsesif kompulsif merupakan salah satu gangguan yang disebabkan karena kecemasan. Hal ini dapat menyebabkan seseorang melakukan kegiatan yang berulang-ulang guna mengurangi tingkat kecemasannya. Mereka lebih suka melakukan kebiasaan tersebut. Pada akhitnya mereka melakukan sesuatu hal yang mereka anggap dapat mengurangi kecemasannya tersebut salah satu diantaranya adalah menggigit kuku.

Jika anda merupakan salah satu orang yang memiliki kebiasaan menggigit kuku, maka sebaiknya segeralah menghubungi dokter untuk mengkonsultasikannya.

Anda bisa menghilangkan kebiasaan tersebut secara perlahan - lahan dengan cara mencari kesibukan atau melakukan hal yang sehat jika anda sudah mulai merasa bosan. Usahakan kuku anda selalau dipotong pendek dan rapi. 
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...