Wednesday, August 22, 2012

Beberapa Macam Makanan Yang Tidak Boleh Dikonsumsi Bayi


ilustrasi  (dok)
Sebagai seorang ibu pastinya akan memberikan yang terbaik untuk buah hatinya. Apalagi dalam hal mengonsumsi makanan untuk buah hatinya. Tidak boleh sembarangan memberi makanan padat pertama untuk sang buah hati. Kesalahan akibat salah memberi makanan padat akan berisiko terhadap bayi seperti alergi atau gangguan pada pencernaan.
Dibawah ini beberapa makanan padat yang mesti dihindari sang ibu untuk buah hatinya, yaitu:

1. Kacang
Berhati hatilah apabila memperkenalkan kacang pada bayi anda karena kacang merupakan alergen yang umum. Sebaiknya bersabarlah memberikan bayi anda pada makan ini. Tunggu hingga bayi anda berumur lebih dari setahun.

2. Madu
Pada tahun pertama bayi janganlah dikasih madu karena madu menimbulkan rasa lengket pada tenggorokan. Selain itu madu juga mengandung gula yang tidak baik untuk dikonsumsi bayi secara dini.Madu juga mengandung spora Clostridium botulinum, meski spora ini tidak berbahaya untuk orang dewasa tetapi dapat menyebabkan botulisme pada bayi. Gejalanya adalah sembelit, kurang nafsu makan, dan kelesuan.

3. Susu sapi
Hati - hati dalam pemberian susu sapi bagi bayi anda. Bayi yang masih dibawah 1 tahun hindarkan mengonsumsi susu sapi. Alasannya yaitu susu sapi sulit dicerna bayi, serta konsentrasi tinggi dari protein dan mineral mungkin menekan ginjal bayi dan mengiritasi lambung dan usus. Susu sapi juga tidak memberikan cukup zat besi dan vitamin C untuk bayi seperti pada susu formula atau ASI. Susu sapi lebih aman jika diberikan pada bayu yang berumur lebih dari 1 tahun tetapi harus tetap waspada dengan alergi yang timbul.

4. Gandum
Meskipun jarang terjadi tetapi gandum mempunyai sifat seperti alergen. hal tersebut terjadi karena kandungan gluten pada gandum serta protein yang susah dicerna dan dapat menyebabkan ruam kulit, diare, sembelit, atau kesulitan tidur karena rasa tidak nyaman pada perut.

5. Jus
Saat bayi usia nya masih dibawah 6 bulan, jangan sekali-kali memberikannya jus karena jus mengandung gula yang manfaat gizinya tidak seperti pada buah utuh.

6. Putih telur
Telur adalah sumber protein, vitamin D, dan berbagai vitamin dan mineral lainnya, tetapi jangan salah, Putih telur dapat memicu alergi pada bayi. Sebagian besar dokter tidak akan merekomendasikan telur untuk dikonsumsi bayi dibawah 1 tahun.
Apabila anda ingin memperkenalkan makanan baru ke bayi, tunggu reaksinya akan terlihat sampai 2-3 hari. Apakah bayi anda akan mengalami alergi, diare, ruam, atau muntah. Jika hal ini terjadi maka makanan tersebut jangan diberikan lagi sampai bayi berumur lebih dari 1 tahun.

7. Strowberi
Buah ini sangat difavoritkan karena dikemas dengan antioksidan dan vitamin C yang baik dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga kecuali bayi Anda. Sifat asam yang terdapat di dalamnya, stroberi juga alergen yang potensial dan dapat menyebabkan ruam atau reaksi lain. Para Dokter selalu merekomendasikan untuk menunda pemberian buah ini kepada bayi.

8. Coklat
Coklat mengandung kafein dan gula yang tinggi, sehingga tidak baik jika diberikan kepada bayi di bawah usia satu tahun.
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...