Tuesday, October 9, 2012

Tips Mengefektifkan Waktu


Banyaknya pekerjan yang menumpuk baik pekerjaan rumah maupun pekerjaan kantor membuat kita merasa waktu yang ada tidak pernah cukup. Ini menuntut kita untuk bisa mengoptimalkan waktu yang ada agar waktu buat istirahat juga tidak terganggu. 

Apabila anda bisa membagi waktu dengan baik antara pekerjaan maupun waktu istirahat dapat seimbang sesuai porsinya serta anda mampu melakukannya dengan irama tubuh anda maka bukan tidak mungkin semua pekerjaan akan terselesaikan tepat pada waktunya.

Kebanyakan orang melakukan segala aktfitas disesuaikan dengan waktu yang dimilikinya, bukan dengan menggunakan irama alami tubuh. Hal ini akan mengganggu irama sirkadian yang mempunyai hubungan erat dengan berbagai macam jenis penyakit seperti diabetes, kepikunan, depresi, dan obesitas.

Berbagai macam tugas yang mengerahkan fungsi kognitif sebaiknya dikerjakan pada pagi hari. Karena di pagi hari, kewaspadaan memori dan konsentrasi setahap demi setahap membaik seiiring peningkatan suhu tubuh.

Konsentrasi seseorang akan buyar ketika waktu sudah menginjak sekitar pukul 12.00 - 16.00. Serta kewaspadaan seseorang juga akan turun jika seseorang sudah melakukan makan siang. Pada pukul 14.00 orang akan mudah lesu, orang akan cenderung mengantuk dan tidak tertarik dengan pekerjaan yang dihadapinya. Ada juga orang yang lelah tetapi justru kemampuan kreativitasnya meningkat.

Semoga bermanfaat...... 
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...