Friday, October 12, 2012

Makanan Yang Mengandung Gula


Makanan manis sangat banyak dijumpai dijual dimana-mana. Enak memang, apalagi buat anak kecil. Mereka sangat menggemari makanan yang manis-manis.Akan tetapi sadarkah anda bahwa gula tidak bagus bagi kesehatan tubuh? Disamping menyebabkan kegemukan, gula juga dapat merusak organ-organ tubuh yang pada akhirnya membuat kecanduan.

Yang dimaksud gula disini bukan hanya gula pasir. Akan tetapi makanan yang mengandung gula juga harus diperhatikan. Mulai dari bahan makanan yang sifatnya alami seprti padi, buah-buahahn hingga gula tambahan seperti sirup misalnya.

Di bawah ini ada beberapa jenis makanan yang mengandung gula, diantaranya adalah :
  • Susu. Susu banyak mengandung kalsium, kadang orang ingin mendapatkan kalsium dengan cara minum susu. Akan tetapi susu mengandung gula yang tinggi yaitu 12 gram per sajian. Jika anda menginginkan tetap mengonsumsi gula tetapi tidak sampai mengorbankan kalsium maka anda bisa menggantinya dengan mengonsumsi brokoli atau sayuran lain yang berwarna hijau. 
  • Yogurt. Makanan ini memang sangat bagus. Banyak mengandung protein juga kalsium. Akan tetapi untuk sekarang ini yogurt diproduksi dengan berbagai rasa dan pada akhirnya jiga mengandung gula sampai 20 gram.
  • Energy bars. Meskipun snack atau cemilan ini rendah lemak serta tinggi protein, akan tetapi per batang snack ini mengandung 25 gram. 
  • Apel merah. Buah merupaka sumber serat serta vitamin. Dan pada buah apel ini mengandung gula yang biasa disebut fruktosa sampai 20 gram.
  • Saus dan dressing salad. Memang enak jika kita makan salad dengan ditambah salad dressing , akan tetapi jangan sampai berlebihan karena salad dressing mengandung gula hingga 10 gram. 
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...