Tuesday, October 2, 2012

Bahaya Ketidakseimbangan Bakteri Baik Usus


Perhatikan bakteri baik yang ada dalam usus anda. Usahakan jumlahnya adalah seimbang. Karena hal tersebut merupakan salah satu faktor yang menunjang kesehatan kita. Keseimbangan mikroorganisme mencapai 1,5 kilogram di dalam usus.

Daya tahan tubuh dapat ditingkatkan dengan adanya bakteri baik yang berada dalam usus. Sedangkan gangguan keseimbangan bakteri baik dalam usus akan memicu seseorang terkena diabetes melitus.

Pemicu bakteri baik dalam usus menjadi tidak seimbang salah satunya adalah penggunaan antibiotik yang berlebihan. Antibiotik tidak hanya membunuh bakteri patogen tetapi juga membunuh bakteri baik usus.

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa  menjaga keseimbangan flora usus terbukti akan melindungi tubuh dari berbagai penyakit mulai dari flu, penyakit Crohns, dan radang usus. Sedangkan gangguan keseimbangan bakteri baik akan memicu obestias dan sindrom metabolik yang diketahui terkait dengan diabetes melitus.

Hal yang perlu dilakukan untuk tetap menjaga keseimbangan mikroflora adalah usahakan untuk mengurangi konsumsi antibiotik. Makan makanan yang bisa meningkatkan  probiotik seperti produk olahan susu ( yogurt/ susu ).
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...