Sunday, October 7, 2012

Tips Mengenali Gejala Kanker


Tahukah anda apa itu penyakit kanker? Sungguh sangat menakutkan jika kita sampai terkena penyakit ini. Penyakit ini datang secara tiba-tiba dan menyerang siapa saja. Tidak mengenal anak-anak maupun orang dewasa. Penyakit ini juga muncul tanpa menunjukkan gejala yang menonjol. 

Jika gejala atau tanda-tanda kanker bisa diketahui sejak dini maka pengobatannyapun juga akan relatif lebih mudah. Sayangnya penyakit kanker terdeteksi setelah penyakit tersebut berkembang dengan pesat. 

Kanker akan menyebar dengan pesat ke berbagai organ tubuh jika kita terlambat mengetahuinya. Ini akan mempersulit dalam penyembuhan. Alangkah baiknya kita mengenali gejala yang ada sejak dini. Gejalanya bermacam-macam sesuai dengan kondisi masing-masing pasien, diantaranya adalah :
  • Bentuk payudara yang berubah. Organ ini merupakan organ yang sangat vital bagi perempuan. Kita sendiri bisa memeriksa apakah ada hal yang mencurigakan pada payudara kita, seperti benjolan, penebalan, perubahan warna kulit yang menjadi kemerahan. Hal ini bisa menjadi indikasi kanker. Bukan berarti kaum pria juga tidak perlu waspada, akan tetapi hal ini ( kanker payudara ) juga dapat terjadi pada kaum pria, meskipun hal ini jarang terjadi. Gejala yang muncul adalah benjolan dalam payudara apalagi jika keluar cairan dari bagian puting.

  • Nyeri yang luar biasa. makin bertambahnya umur biasanya sering merasakan nyeri. Akan tetapi jika nyeri yang dirasakan adalah terus menerus maka hal ini perlu diwaspadai. Apalagi sebelumnya tidak disebabkan adanya luka. 

  • Bentuk testis yang berubah. Waspadailah jika bentuk testis / buah pelir anda membesar atau mengecil. Atau pembengkakan / berat pada skrotum. Hal ini biasanya terjadi pada orang yang berumur sekitar 20-39 tahun. Ketahuilah sejak dini karena kanker testis berkembang dengan cepat.

  • Klenjar getah bening yang berubah. Hati-hatilah dengan benjolan yang  berada pada ketiak ataupun leher. Apalagi jika benjolan tersebut makin membesar di setiap harinya, segeralah untuk memeriksakan ke dokter yang bersangkutan agar segera terdeteksi dan diketahui tentang benjolan tersebut. 

  • Demam. Demam merupakan salah satu gejala pada kanker stadium awal. Meskipun demam juga biasa menandai berbagai macam penyakit seperti penyakit radang paru, batuk, pilek, infeksi, dll. Demam yang muncul pada penyakit kanker stadium awal khususnya pada leukimia / limfoma. 

  • Berat badan turun drastis. Waspadailah dengan berat badan yang turun drastis apalagi sampai 10% dari berat badan. Kanker yang biasanya bisa menurunkan berat badan drastis adalah kanker kolon / kanker organ pencernaan.

  • Nyeri perut dan depresi. Bagi pria jika mengalami gangguan pada perut  ditambah lagi mengalami depresi maka hal ini perlu diperiksakan ke dokter

  • Sering mengalami kecapekan. Jika sudah berisitirahat tetapi masih saja merasakan capek maka hal ini patut diwaspadai. Kondisi yang seperti ini akan muncul pada saat kanker sedang berkembang. 

  • Batuk tak sembuh-sembuh. Biasanya batuk berhubungan dengan penyakit flu ataupun alergi. Tetapi jika batuk yang dialami sampai berminggu-minggu maka harus segera diperiksakan karena ditakutkan ini merupakan gejala dari penyakit kanker atau adanya tanda penyakit radang paru-paru kronis.

  • Susah untuk menelan. Hati-hati dengan gejala yang seperti ini, jangan pernah untuk menyepelekan. Hal ini bisa jadi sebagai gejala adanya kanker pada saluran pencernaan.

  • Perubahan kulit. Pendarahan di kulit atau kulit yang mengelupas hebat dalam waktu beberapa minggu dan tidak hilang bisa merupakan salah satu pertanda kanker kulit.

  • Adanya pendarahan bukan pada tempatnya. Jika sampai terjadi batuk / muntah darah, perdarahan di feses dan urine, segeralah menghubungi dokter

  • Perubahan pada mulut. Bagi para pecandu rokok, perhatikan jika terdapat bercak putih di dalam mulut. Bisa juga titik putih yang berada di lidah yang tak kunjung hilang. Ini merupakan gejala leukoplakia (area tempat kanker berada sebelum muncul), yang bisa saja menjadi kanker mulut jika terus menerus iritasi.

  • Masalah saat berkemih. Frekuensi kencing yang sering serta tidak bisa menahannya, waspadalah dengan gejala tersebut. Karena hal ini kemungkinan juga salah satu gejala dari penyakit kanker

  • Gangguan pencernaan. Pada wanita jika sering terjadi kembung yang tidak sewajarnya dan disertai dengan perut yang semakin membesar maka ini bisa jadi merupakan gejala dari penyakit kanker ovarium. 
Sayangilah diri anda dengan selalu mencermati segala sesuatu perubahan pada tubuh anda. Karena kesehatan mahal harganya.

Semoga bermanfaat....   
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...