Friday, September 14, 2012

Bahan Makanan Yang Harus Dihindari Dihidangkan di Keluarga


Bagi anda yang memiliki hobi masak, kuliner, atau apa saja yang berhubungan dengan makanan, maka wajib untuk mawas diri. Ada beberapa hal bahan makanan yang memang kalau hanya sedikit mengonsumsi maka hasilnya gak berpengaruh pada kesehatan . Akan tetapi jika kita memakannya secara berlebihan yang ada malah menjadi racun yang akan membahayakan tubuh kita.


Berikut di bawah ini beberapa makanan yang perlu anda dan keluarga waspadai dalam mengonsumsi, yaitu :
1. Jamur
Bagi para penikmat jamur, rasanya memang enak. Akan tetapi hati-hati dengan kandungan yang terdapat di dalamnya. Bukan berarti jamur yang dijual di supermarket aman dari segala-galanya. banyak sekali spesies yang ada dalam jamur yang sangat berbahaya bagi kesehatan bahkan mematikan. Hemmmm.....serem ya?
Ada sekitar 100 spesies yang ada dalam jamur yang membahayakan tubuh manusia. Gejala yang ditimbulkan akibat terkena spesies ini adalah kepala terasa sakit hingga kejang dan bahkan bisa sampai menyebabkan kematian.

2. Cabai
Meskipun pedas banyak sekali orang menyukainya. Bahkan ada yang makan tanpa rasa pedas merasa tidak puas. Mereka yang menyukai makanan pedas harus tahu bahwa kepedasan tersebut dihasilkan oleh senyawa kimia ( capsaicin ). Senyawa ini dapat menyebabkan seperti efek keracunan ( sakit perut, gatal-gatal )
Jika memang anda dan keluarga doyan cabai, maka harus bisa mengontrol jumlah yang akan dipakai. batasi pemakaiannya agar kesehatan anda juga tetap terjaga. Jika memungkinkan, hindari untuk tidak makan makanan yang pedas.

3. Minyak rapeseed
Minyak repeseed adalah minyak yang bersumber dari tumbuhan rape. Memang kelihatannya minyak ini sangat alami dan tidak berbahaya, akan tetapi minyak ini memiliki efek negatif bagi tubuh. Minyak tersebut sangat beracun dan berpengaruh pada pernafasan bahkan bisa menyebabkan kebutaan.

4. Beras
Sungguh mengejutkan jika beras ternyata juga berbahaya. Padahal beras merupakan bahan pokok bagi manusia. Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa, di Amerika terdapat beberapa kemasan beras yang mengandung zat beracun dengan tingkat tinggi. Peneltitian lainnya juga menyebutkan bahwa ada kadar arsenik yang terdapat dalam susu beras dan beras bayi.  Perlu diketahui bahwa terlalu banyak mengonsumsi arsenik maka akan beresiko dengan kanker. Jagalah  selalu keluarga anda.

5. Biji pala
Bii pala mengandung zat beracun  yaitu myristicin. Jika mengonsumsi dalam jumlah yang sedikit maka akan berpengaruh terhadap rasa halusinasi tetapi jika dalam jumlah yang banyak kita mengonsumsinya maka akan menyebabkan kejang, jantung bersebar, dehidrasi, mual bahkan kematian.

6. Apel non-organik
Non - organik, identik dengan bahan kimia pestisida dan fungisida. Apel yang disemprot dengan bahan kimia tersebut bertujuan untuk menghilangkan serangga yang menurut para petani merupakan hama bagi tanamannya. Akan tetapi semprotan bahan kimia tersebut tidak akan langsung hilang dari buahnya, sudah pasti ada yang menempel pada buah tersebut dan masuk ke dalam daging buah. Alangkah baiknya jika ingin memakannya, kupas dulu kulitnya untuk meminimalkan racun yang terkandung dalam buah tersebut.

7. Popcorn microwave
Popcorn yang diproduksi dengan menggunakan bumbu mentega ternyata mengandung bahan kimia berbahaya (diacetyl) yang terdapat dalam bumbu tersebut yang mengeluarkan gas beracun pada saat dimasukkan ke dalam microwave. Hal tersebut banyak diderita oleh para pekerja pabrik yang bekerja pada pabrik popcorn. Penyakit yang ditimbulkan adalah paru-paru (paru-paru popcorn).

8. Kentang
Kentang memiliki senyawa beracun yang disebut glycoalkaloids. Senyawa tersebut sangat mengganggu kesehatan. Senyawa tersebut juga berpengaruh ke saraf dan sistem pencernaan, sakit kepala, lemas, muntah, dll. Jangan mengonsumsi kentang yang sudah berkecambah karena  konsentrasi glycoalkaloids yang terkandung sangat tinggi.

9. Kacang
Beberapa orang akan mengalami alergi jika mengonsumsi kacang. Jika seseorang memiliki penyakit ginjal, alangkah baiknya menghindari sayuran ini karena mengandung oxalates yang dapat mengkristal dan menyebabkan batu pada ginjal dan kantung empedu. kacang rentan terhadap jamur yaitu  Aspergillus flavus. 
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...