Sunday, September 16, 2012

Taukah Anda Tidur Malah Bikin Ngantuk?


Rasa lelah, capek, bosan akan muncul pada diri orang-orang yang bekerja. Setelah seharian penuh bekerja, pulang malam besok paginya kembali bangun dan melakukan aktifitas yang sama, maka tak hayal hari sabtu-minggu merupakan hari yang mereka nanti-nantikan. Pada hari tersebut banyak digunakan untuk berlibur dengan keluarga, rekreasi di suatu tempat atau malahan digunakan untuk tidur panjang dirumah. Orang banyak sekali memiliki anggapan bahwa waktu kerja telah menyita jam tidur mereka. Nah sebagai gantinya mereka akan memanfaatkan hari libur mereka untuk mengganti waktu tidur yang hilang.


Akan tetapi jika kebiasaan ini terus-terusan berlangsung maka tidak akan  memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan juga. Tidur panjang di akhir pekan sebenarnya tidak dapat menggantikan waktu tidur yang hilang pada saat kerja pada hari-hari sebelumnya. Bahkan hal ini akan membuat kita ngantuk yang terus menerus dan berkelanjutan sampai hari senin saat kita mulai beraktifitas kerja.

Hal ini dipertegas oleh ilmuwan dari  UT Southwestern Medical Center yang mengatakan bahwa tidur panjang di hari sabtu  serta minggu malah akan mengganggu jam internal dalam tubuh. Dan akam membuat seseorang untuk terus tidur pada jam-jam tidur dan akan merasa sulit bangun dari tidur.

Mitos yang menyebutkan bahwa tidur di hari libur akan bisa menggantikan jam tidur pada saat waktu yang hilang selama kita kerja seminggu sebelumnya adalah salah.  Dalam keseharian, tubuh kita memiliki siklus harian atau sirkadian yang memandu secara internal tubuh kita. Seseorang dapat menunda siklus sirkadian mereka maksimal hanya sampai satu jam.

Tidur panjang di hari libur (sabtu) akan menunda sirkandian pada otak sampai 2 jam. Ini akan membuat anda jadi sulit tidur pada hari minggu dan akan mengganggu untuk kembali beraktifitas esok hari senin. Jika ingin menyeimbangkan kekurangan  waktu tidur alangkah baiknya agar mempercepat jam tidur. 
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...