Sunday, September 16, 2012

Bahaya Kerja Lembur Sama Dengan Bahaya Merokok


Kebutuhan orang memang tidak akan ada habisnya. Jika kita memaksakan tubuh untuk terus bekerja mencari uang tanpa memperhatikan waktu maka hat tersebut juga tentunya akan membahayakan kesehatan badan kita. Normalnya orang bekerja dalam satu hari adalah 8 jam, jika memaksakan diri lebih dari waktu tersebut demi meraih cita-cita yang anda harapkan, maka anda perlu memperhatikan jantung anda. Para alhi sudah melakukan penelitian bahwa jam kerja yang panjang akan meningkatkan resiko penyakit jantung

Dalam penelitian tersebut juga menyebutkan bahwa para pekerja yang sering melakukan kerja lembur akan lebih rentan terkenan penyakit jantung dan stroke. Pekerja yang sering lembur akan mengalami tingkat stres yang lebih tinggi, tekanan darah tinggi, serta asupan makanan yang tidak baik. Hal-hal tersebutlah yang membuat seseorang menjadi lebih dini memiliki penyakit jantung.

Lain halnya dengan para pekerja yang bekerja sesuai dengan waktu normal. Mereka lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang selalu kerja lembur. Prosentase yang bisa dtunjukkan antara pekerja lembur dan pekerja normal yang kemungkinan terkena penyakit jantung atau stroke adalah lebih tinggi bagi para pekerja lembur yaitu sekitar 40 - 80%.

Secara psikologis. para pekerja lembur akan mengalami stres dan hal tersebut akan meningkatkan hormon penyebab stres kortisol. Pola makan yang tidak teratur dan asupan gizi yang kurang merupakan kebiasaan yang meningkatkan hormon stres.

Yang paling menakjubkan adalah, kerja lembur memiliki hal yang buruk sama dengan merokok. Keduanya sama-sama memicu resiko demensia atau kepikunan di kemudian hari nantinya. Maka berhati-hatilah dan sayangilah tubuh anda.  
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...