Tuesday, September 4, 2012

Stroke Rentan Bagi Orang Yang Agresif


Apakah anda termasuk orang yang berkepribadian A? Jika ya, maka anda patut waspada. yang termasuk berkepribadian A disini adalah mudah tersinggung, gampang stres, kurang sabaran dan sering merasa tegang. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa seseorang yang memiliki kepribadian A lebih rentan menderita stroke.


Para ilmuwan dari Rumah Sakit Universitario Clinico San Carlos di Madrid, meneliti sebanyak   450 responden. Mereka menemukan penyakit stroke sering terjadi pada orang yang mudah stres dan tegang, bahkan setelah memperhitungan faktor resiko penyebab stroke seperti merokok dan diabetes.

Para ilmuwan membandingkan faktor resiko dan tingkat stres di antara 150 orang stroke dan 300 orang sehat. Riset ini menggunakan pengukuran seperti mengevaluasi peristiwa besar dalam hidup, kecemasan dan depresi, kesejahteraan dan tipe kepribadian.

Para responden diminta pula mengisi kuesioner berisi gaya hidup mereka. Seperti berapa asupan kafein, alkohol, minuman energi, juga apakah mereka merokok dan apa pekerjaannya sehari-harinya.

Dari hasil penelitian ini menunjukkan, mereka yang memiliki peristiwa kehidupan penuh tekanan pada tahun-tahun sebelumnya beresiko stroke sampai empat kali lipat lebih tinggi. Sementara, mereka yang termasuk kepribadian A beresiko dua kali lipatnya lagi.
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...