Monday, September 24, 2012

Tips Menghilangkan Bekas Luka


Perempuan kebanyakan menginginkan kulit yang halus serta mulus. Soal putih atau gelap bukan menjadi masalah. Sedangkan kulit mulus sendiri merupakan kulit yang tidak memiliki bekas luka yang terlihat yang membuat pandangan menjadi tidak nyaman. Bekas luka yang masih kelihatan akan membuat penampakan kulit menjadi kurang estetik. Mata yang memandang juga terasa tidak enak.
Kepercayaan diri juga pasti akan berkurang. Tetapi jika dilakukan perawatan terhadap bekas luka tersebut kemungkinan bekas luka akan hilang.

Luka yang terdapat pada kulit jika merusak kulit maka kemungkian untuk kembali ke bentuk kulit seperti pada awal akan membutuhkan waktu yang lama.

Proses penyembuhan luka dibagi kedalam 3 fase, yaitu :
  • Fase peradangan, yaitu berlangsung 5 hari setelah terjadi luka.
  • Fase perkembangbiakan luka, yaitu tertutupnya luka dengan kulit ari yang baru dan berlangsung sampai sekitar 3 bulan.
  • Proses pematangan, yaitu berlangsung antara 1 sampai 2 tahun.

Fase perkembangbiakan parut (luka) atau fase kedua banyak yang beranggapan bahwa fase ini merupakan fase penyembuhan. Padahal sebenarnya dalam fase ini luka baru tertutup kulit ari. Sedangkan sembuh yang sebenarnya adalah dalam fase matang. Ciri-ciri pada fase matang disini adalah bekas luka tidak berwarna merah, tida terasa gatal, sudah fleksibel, dan lembut.

faktor yang berpengaruh terhadap munculnya bekas luka adalah kulit kurang kelembaban, dokter bedah kurang terampil, faktor keturunan, luka sembuh lama. Jika bekas luka tidak normal maka akan menyebabkan keloid atau hipertrofi yakni bekas luka tebal dan lebar sesuai dengan bekas lukanya.

Sekarang ini banyak sekali cara medis untuk menghilangkan bekas luka. Melalui pembedahan, penyinaran, injeksi untuk menipiskan bekas luka, akan tetapi cara-cara tersebut memang mahal dan dapat menimbulkan sakit.

Jika memang anda menginginkan luka yang anda miliki tidak meninggalkan bekas maka sebaiknya sejak awal bekas luka anda ditangani oleh dokter. Jadi perhatikan luka anda dari awal.

Obat-obatan oles sekarang ini sudah banyak terjual di apotik-apotik. Penggunaan gel silikon sedikit lebih efektif mencegah bekas luka karena sistem kerjanya menekan pembentukan kolagen yang merupakan faktor terjadinya bekas luka yang menonjol.  Gel silikon akan membuat bekas luka yang tegang dan kaku menjadi lunak selama proses penyembuhan sehingga hasil akhirnya bekas luka lebih lembut dan tidak menonjol.
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...