Saturday, September 8, 2012

Hubungan Antara ASI dan Penularan HIV


ASI ( Air Susu Ibu) memiliki kandungan yang sangat kuat utuk mengurangi resiko penularan HIV dari sang ibu yang mengidap ke anaknya. Jika sang ibu menyusui sudah dipastikan positif mengidap virus HIV maka tetap disarankan untuk terus menyusui anaknya dan harus terus minum obat ARV.

Di Zambia telah diadakan penelitian seperti yang diatas. Para peneliti mengumpulkan ASI dari beberapa ibu yang sudah positif terifensi HIV dan menularkan virus tersebut kepada anknya selama ia menyusui, serta beberapa ibu yang positif terinfeksi HIV tetapi tidak menularkan virus mereka kepada bayinya. Selain itu dari wanita / ibu yang tidak terkena virus HIV juga dikumpulkan.

Masing - masing ASI tersebut diamati dan dianalisa untuk diketahui konsentrasi karbohidrat yang disebut oligosakarida dalam susu manusia. Bukti  menunjukkan oligosakarida mengandung komponen aktif imunologi yang mengurangi risiko penularan virus.

Wanita yang ASI-nya memiliki kandungan oligosakarida dalam jumlah tinggi, mempunyai resiko yang lebih rendah menularkan HIV kepada bayinya dibandingkan dengan mereka yang konsentrasinya lebih rendah. 
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...