Saturday, September 1, 2012

Makanan Yang Menyehatkan Sperma


Kualitas sperma seseorang makin lama / makin tua usia seorang pria maka kualitasnya akan turun. Akan tetapi pria yang sudah lanjut usia masih bisa menjaga kesehatan spermanya apabila makanan yang dikonsumsi mengandung vitamin dan mineral.



Sebuah penelitian terhadap 80 pria sehat berusia 22-80 tahun, para peneliti menemukan pria berusia di atas 44 tahun yang banyak mengasup vitamin C, vitamin E, zinc dan folat, memiliki tingkat kerusakan DNA sel sprema 20 persen lebih rendah.
Meskipun begitu, manfaat konsumsi mikronutrien tersebut tidak ditemukan pada sperma pria yang berusia lebih muda.

"Mengonsumsi secara rutin mikronutrien seperti vitamin C, E, folat dan zinc, bisa mengembalikan kualitas sperma pria yang mulai tua".

Penelitian tersebut dianggap penting karena saat ini terjadi pergeseran usia menikah dan semakin banyak pria yang baru memiliki anak di atas usia 35 tahun. Yang perlu dikatahui adalah, makin tua usia pria makin banyak kerusakan sel sperma mereka sehingga risiko mengalami infertilitas makin besar.

Para ilmuwan belum mengetahui apakah pola makan tinggi antioksidan dan mikronutrien bisa melindungi kerusakan DNA sperma. Penelitian mendalam diperlukan untuk menentukan apakah asupan vitamin bisa meningkatkan kualitas sperma dan memperbaiki kesuburan pria berusia lanjut serta terjaga kesehatannya.
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...