Sunday, September 9, 2012

Fakta Soal Protein


Protein sangat penting bagi tubuh manusia. Protein termasuk dalam nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk kesehatan  tubuh. 40% tubuh kita tersusun oleh protein yang menyebar pada otot-otot yang berada dalam tulang, dan organ tubuh lainnya.


Akan tetapi kebanyakan orang menyembarangkan untuk mengosumsi protein. Padahal dokter sudah menganjurkan untuk mengonsumsi protein sebanyak 8 gram per kilogram berat badan kita. Pada saat  berdiet, protein juga memiliki beberapa keuntungan, yaitu efek kenyang lebih lama serta pencegahan hilangnya massa otot saat berdiet.

Beberapa makanan yang memiliki sumber protein lebih diantaranya kacang-kacangan, daging dari unggas serta ikan.

Anda perlu mengetahui hal yang penting soal protein, berikut dibawah ini akan dikupas.

1. Berat badan akan turun sementara jika melakukan diet protein.
Sudah pernah ada penelitian bahwa jika dialakukan diet mengonsumsi protein maka berat badan kita akan turun lebih cepat dibandingkan dengan diet mengonsumsi karbohidrat. . Akan tetapi diet tersebut bersifat sementara dan tidak dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama.  Wanita yang melakukan diet Atkins atau tinggi protein, berhasil turun berat badan sebesar 4 kilogram, sementara wanita yang melakukan diet lain hanya turun 1-2 kilogram.

2. Protein tak banyak tingkatkan massa otot
Untuk meningkatkan serta menambah massa otot, kebanyakan orang lebih memilih mengonsumsi protein. Para atlet memerlukan kekuatan otot dan daya tahan tubuh yang kuat. Jadi mereka memerlukan asupan protein yang tinggi. Mereka mendapatkan protein hanya dari pola makan mereka yang biasa.

3. Mengosumsi protein secara berlebih akan membahayakan.
Bahaya atau tidaknya adalah relatif. Semuanya tergantung dari jenis protein yang kita asup. Makanan yang mengandung tinggi protein sudah barang pasti juga mengandung banyak lemak sehingga beresiko terhadap penyakit jantung.
Jika ingin menambahkan protein dalam pola makan kita, jangan terlalu banyak. Jangan melupakan asupan kalori secara menyeluruh. perlu diketahui bahwa protein juga mengandung kalori. Jadi apabila mengonsumsi protein secara berlebih tanpa diimbangi dengan berolahraga maka semuanya akan menumpuk menjadi lemak.

Pola makan tinggi protein berkontribusi pada peningkatan level kolesterol, asam urat, dan penyakit ginjal, terutama mereka yang sudah menderita gangguan ginjal.
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...