Tuesday, September 25, 2012

Bahaya Mengonsumsi Tuna Kaleng


Hati-hati bagi ibu yang sering memberikan anaknya ikan tuna dalam kaleng. Karena diduga ikan tuna dalam kaleng mengandung merkuri. Sedangkan anak akan terhambat perkembangan mentalnya jika mengonsumsi merkuri tinggi.

Anak sangat dilarang mengonsumsi ikan tuna. Bagi ibu wajib mewaspadai hal ini. Jangan sampai memberikannya apalagi sampai jumlah yang banyak.

Sudah pernah dilakukan tes pada 59 sampel ikan tuna dari beberapa negara khususnya 11 negara. Pada penelitian pertama dilakukan pada ikan tuna dalam kaleng  yang memiliki berat 1 kg yang biasa di konsumsi oleh anak sekolah, dan hasilnya adalah  konsentrasi merkuri yang terdapat dalam setiap kalengnya adalah bervariasi. Yang paling mengejutkan dalam satu kaleng terdapat kandungan merkuri yang berbeda pada pengujujian sampel terpisah. Kadar merkuri pada tuna putih lebih rendah daripada kadar merkuri yang ada dalam ikan tuna albacore. Penelitian dilakukan oleh Lembaga pengawasan obat dan makanan Amerika Serilat (FDA)

Tidak diperbolehkan mengonsumsi ikan tuna lebih dari 5 kilogran untu wanita usia subur dan anak-anak tetapi masih diperbolehkan mengonsumsi tuna albacore dengan catatan harus kurang dari 2 kilogram dalam seminggu. Tidak boleh melebihinya.
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...