Sunday, September 9, 2012

Penyebab Perempuan Lebih Memiliki Umur Panjang Daripada Laki-Laki


Percayakah anda, umur perempuan lebih panjang daripada umur laki-laki. Usia perempuan rata-rata bisa mencapai 80 tahun 7 bulan sedangkan untuk laki-laki hanya mencapai 77 tahun 2 bulan saja. Kelebihan yang lainnya adalah bahwa dalam kenyataanya perempuan memiliki kesehatan ketahanan tubuh dalam melawan penyakit, memiliki jiwa yang lebih kuat serta lebih bisa merawat dirinya. 

Para ahli kesehatan telah meneliti bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan perempuan lebih kuat dibanding dengan laki-laki. hal tersebut dipengaruhi oleh sel darah putih dan jantung perempuan lebih kuat. Perempuan mengalami menstruasi setiap bulannya dan perempuan terlahir lebih sehat.

1. Sel darah putih
Sel darah putih pada perempuan lebih bertenaga. Hal tersebut sudah dibuktikan terhadap tikus jantan dan tikus betina yang terkena bakteri hidup. Pada kedua tikus tersebut diberikan bakteri yang sama pada waktu yang sama juga. Alhasil bakteri yang terdapat dalam tikus betina benar-benar rendah.
Sel darah putih pada perempuan yang disebut makrofag jumlahnya dua kali lipat dibandingkan pada laki-laki. Makrofag pada perempuan memiliki kepekaan luar biasa ketika menghadapi bahaya. Sensor mereka lebih sensitif saat menghadapi penyusup yang menyerang tubuh.

2. Perputaran / siklus menstruasi
Testosteron merupakan penyebab kematian dini pada laki-laki. Testosteron cenderung memicu tekanan darah tinggi, menekan efektivitas sistem kekebalan tubuh dan mendorong trombosis. Hal itulah  yang  mengganggu pembentukan kolesterol baik dan meningkatkan pembentukan kolesterol jahat. Sedangkan perempuan terhindar dari efek hormon testosteron dan memiliki siklus menstruasi.

3. Perempuan memiliki jantung yang lebih kuat daripada laki-laki
Kekuatan detak jantung laki-laki mencapai 20 -25 persen pada usia 18 - 70 tahun. Sedangkan pada perempuan tidak ada keterkaitan antara usia dan detak jantung. Belum begitu pasti soal penyebab perbedaan tersebut. Akan tetapi struktur jantung antara laki-laki dan perempuan adalah tidak sama. Jantung perempuan tersusun atas fiber yang lebih kuat serta jaringan jantung lebih elastis. Jantung yang melemah mungkin disebabkan jaringannya tegang. Pada laki-laki memiliki kemungkinan lebih tinggi menderita lemah jantung.

4. Perempuan terlahir lebih kuat
Dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa  bayi laki-laki yang dikandung pada musim gugur dibanding musim lainnya, menemukan bayi laki-laki lebih rentan daripada bayi perempuan sejak dalam kandungan di bulan pertama kehidupan mereka. Hal ini memungkinkan terjadi pada mereka saat dikandung pada musim beriklim sedang. Berbeda ketika bayi-bayi ini dikandung pada musim yang lebih sejuk. Ternyata alam memberi peranan terhadap hal ini. 
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...