Wednesday, September 5, 2012

Bahaya Baterai Kancing Bagi Anak


Barang-barang elektronik sekarang ini banyak sekali yang menggunakan baterai yang hanya sebesar kancing. Beberapa macam tersebut diantaranya jam tangan, mainan, hingga alat bantu dengar. Sedangkan anak sekarang rasa ingin tahu terhadap benda yang ada di sekitarnya sangatlah tinggi. Benda-benda tersebut sangat menarik perhatian mereka. Akan sangat berbahaya
jika sampai tertelan meskipun ukuran benda ini sangatlah kecil.

Di Amerika Serikat berdasarkan data sejak tahun 1997-2010 sebanyak 40.000 anak berusia kurang dari 13 tahun dilarikan ke unit gawat darurat di rumah sakit karena menelan baterai kecil sebesar kancing tersebut.

Pada baterai kancing tersebut mengandung cairan basa yang berbahaya. Senyawa merkuri yang terkandung di dalamnya sangat membahayakan jiwa. Apabila baterai teresbut sampai masuk  ke dalam perut atau usus, cairan baterai bisa memakan dinding usus dan menimbulkan tanda dan gejala seperti nyeri perut, meradang, sembelit, muntah, dan demam.

Dr.Amando Porro, dokter anak dari rumah sakit anak Miami mengatakan bahwa, bahaya lain dari tertelannya baterai kancing adalah baterai menyangkut di esofagus. Sayangnya, gejalanya seringkali tidak jelas sehingga ada beberapa kasus anak sampai meninggal dunia.

Apabila anda melihat anak anda menelan baterai kancing, sesegera mungkin carilah bantuan medis darurat sebab dalam dua jam bisa menyebabkan luka terbakar dan dalam dua minggu bisa menyebabkan perdarahan fatal.

Jagalah dan awasilah terhadap barang mainan anak anda. Simpanlah atau segera buang baterai yang tidak terpakai untuk menghindari kejadian tersebut.
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...