Sunday, September 23, 2012

Hubungan Antara Susu dan Teh


Teh merupakan salah satu jenis minuman yang banyak digemari orang-orang di seluruh dunia. Karena teh mengandung antioksidan, vitamin, serta komponen-komponen yang lain yang dapat membantu meningkatkan fungsi imun dan mencegah kanker.

Teh memiliki khasiat untuk mencegah gigi berlubang, menyehatkan jantung serta menjaga kadar gula darah

Di beberapa tempat sering sekali menyuguhkan teh dengan susu. Hasilnya memang dirasa lebih nikmat, tapi tahukah anda bahwa menambahkan susu ke dalam teh akan mengurangi khasiat teh tersebut.

Sebuah penelitian yang melibatkan 16 orang responden diminta untuk minum secangkir teh hitam, teh hitam dicampur susu tanpa lemak, serta air yang dimasak. Kemudian responden diukur fungsi vaskularnya. Hasilnya jika dibandingkan dengan air putih biasa, teh hitam lebih terlihat meningkatkan fungsi arteri. Sedangkan yang diberi penambahan susu malah menyebabkan khasiat teh tidak terlihat.

Hal tersebut tidak cuma dilakukan sekali saja, para peneliti juga melakukan penelitian ulang dengan menggunakan tikus sebagai uji tes nya. dan hasil yang didapat masih tetap sama. Para peneliti menyimpulkan bahwa protein dalam susu akan mengikat serta menetralisir antioksidan dalam teh. Manfaat susu bertolak belakang dengan manfaat teh yaitu  bagi fungsi vaskular.

Susu yang dimaksud disini bukan hanya susu sapi belaka. Akan tetapi susu kedelai juga bisa berpengaruh. Protein yang terdapat dalam susu kedelai juga akan menetralisir antioksidan teh. Jika ingin minum teh ataupun susu lebih baik anda minum secara terpisah. hal tersebut akan menghasilkan manfaat yang maksimal.
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...