Sunday, September 9, 2012

Bahaya Tidak Menyikat Gigi di Malam Hari


Menyikat gigi merupakan hal yang wajib dilakukan setiap manusia demi menjada kesehatan badannya. Agar kesehatan gigi dan mulut tetap terjaga, alangkah baiknya kita menyikat gigi dua kali dalam sehari. Yaitu pada pagi hari sesudah makan dan malam hari sebelum tidur. Orang sudah terbiasa untuk menyikat giginya di pagi hari, tetapi untuk menyikat di malam hati kebanyakan orang malas untuk melakukannya.
Padahal justru sikat gigi malam lah yang sangat penting.

Seorang dokter  dari Persatuan Dokter Gigi Indonesia (Zaura Rini Anggraeni) juga membetulkan bahwa menyikat gigi di malam hari sebelum tidur sangatlah  penting. Kuman akan lebih banyak berkembangbiak lebih cepat sampai dua kali lipat karena pada malam hari produksi air liur berkurang daripada saat pagi/siang hari.

Jarang menyikat gigi baik di pagi hari maupun malam hari akan mempermudah terciptanya infeksi dan menyebabkan gigi berlubang. Infeksi pada gigi penyebabnya hampir sama dengan infeksi yang terdapat pada katup jantung. Gigi yang infeksi akan mengeluarkan gas, dan apabila terus didiamkan bakteri yang berada di dalamnya yakni Streptococcus, akan bergerak mengikuti aliran darah.

Bakteri tersebut akan  berhenti di daerah yang disukainya pada organ tubuh, misalnya pada jantung, ginjal atau paru-paru. Disamping menyikat gigi, kesehatan pada gigi juga dipengaruhi oleh asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Sedangkan karang gigi terbentuk karena kita sering mengonsumsi makanan yang terlalu manis yang banyak mengandung gula. Karang gigi tersebut akan menyebabkan gigi berlubang, maka dari itu kita harus membersihkannya.

Dokter menyarankan untuk cek rutin ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali. Hal tersebut sangat penting. Pengecekan ini dapat mencegah secara dini serta dapat membantu mendeteksi kelainan pada gigi. 
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...