Tuesday, September 25, 2012

Bahaya Bayi Diberi Susu Botol



Bayi yang baru lahir sampai umur 6 bulan hanya cukup diberi ASI saja. Tak perlu diberi makanan lainnya karena ASI sudah mencukupi semua kebutuhan bayi. ASI juga berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak. Kesehatan anak yang minum ASI akan jauh lebih baik daripada yang hanya minum susu botol. Karena ASI mengandung nutrisi yang tidak dapat digantikan dengan susu yang lainnya. Bayi yang diberi susu botol akan lebih rentan terkena panyakit usus yang serius dan lebih fatalnya akan dilakukan operasi pembedahan. 

Penyakit usus yang menyerang pada bayi pengonsumsi susu botol disebut  pyloric stenosis, yaitu kondisi bayi muntah parah. Pada perut bayi bagian bawah mengalami penyempitan, yang pada akhirnya jumlah asupan makanan akan bermasalah dan akan terjadi muntah, dehidrasi dan cairan dalam tubuh tidak seimbang.

Pyloric stenosis disebabkan karena pemberian susu botol pada bayi. Hal inilah yang semakin memperkuat manfaat ASI pada bulan-bulan pertama.  Pemberian susu botol pada bayi memiliki resiko yang sangat besar. dalam penelitian menyebutkan bahwa penyakit tersebut akan muncul setelah30 hari setelah pemberian susu botol. Jadi bagi ibu, berilah bayi anda ASI minimal 6 bulan pertama. Berusalah untuk terus menyusui meskipun ASI yang keluar sedikit. 
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...