Saturday, September 8, 2012

Manfaat "Bakteri Baik" Bagi Tubuh


Usus merupakan faktor yang berperan penting bagi tubuh khususnya dalam hal pembuangan kotoran serta racun. Selain itu, usus juga mempunyai fungsi untuk menyerap asupan nutrisi makanan. Jadi berhati-hatilah anda pada saat mengonsumsi makanan agar usus anda bisa tetap terawat. 

Usus memiliki 100 triliun mikroorganisme. sungguh sangat menakjubkan bukan? Padahal jumlah sel pada manusia dari ujung kaki sampai
ujung kepala hanya 50 triliun sel saja. Walaupun kecil tetapi mikroorganisme memegang peranan yang sangat penting bagi kesehatan tubuh.


Tak semua mikroorganisme yang ada di tubuh bersifat baik adapula mikroorganisme yang jahat yang tidak baik bagi tubuh. Untuk bakteri yang baik biasa dikenal  sebagai spesies bakteri yang menguntungkan serta membantu fungsi pencernaan dalam tubuh.

Tubuh akan lebih rentan terhadap penyakit dan kita akan menjadi sering sakit-sakitan apabila bakteri baik yang ada dalam tubuh kita hanya sedikit. Hal tersebut yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh kita menjadi menurun. Biasanya yang diserang adalah gangguan pada pencernaan.

Prebiotik sangat bagus untuk dikonsumsi agar jumlah bakteri baik kita menjadi meningkat. Prebiotik merupakan makanan yang sesuai bagi bakteri baik, tapi tidak cocok untuk bakteri jahat. Pada makanan yang berseratlah dan yang mudah larut, prebiotik dapat ditemukan. Misalnya adalah gandum, bawang, pisang , bawang putih, madu, dan kacang-kacangan.

Organisme jahat yang ada di dalam usus dapat dinetralisir secara alami lewat produk atau makanan yang mengandung bakteri probiotik. Bakteri probiotik ini salah satunya dapat diperoleh dari susu fermentasi. 
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...