Saturday, September 8, 2012

Kopi Bisa Cegah Kanker? Percaya?



Anda tentunya tak asing lagi dengan yang namanya kopi kan? Banyak sekali orang beranggapan bahwa benda yang satu ini memiliki manfat yang banyak,  akan tetapi tak kalah banyak juga yang menganggap kopi adalah monster yang suatu saat nanti akan menyerang anda.
Kopi mengandung kafein dan kafein disini merupakan zat psikoaktif.


Terakhir sebuah penelitian menyebutkan bahwa ada indikasi jika setiap hari minum beberapa cankir kopi maka akan mengurangi resiko kanker usus. Penelitian tersebut dilakukan US National Cancer Institute di Rockville Maryland Amerika Serikat ini melibatkan hampir 490.000 peserta pria dan wanita.

Orang-orang yang dilibatkan disini meminum 4 cangkir kopi setiap harinya dan mengalami resiko kanker sekitar 15%, sedangkan yang meminum 6 atau lebih lebih kecil resiko terkena kanker. Bagi mereka peminum teh, resiko tersebut tidak tampak.

Disamping minum kopi dengan jumlah takaran yang ditentukan, pola makan merekapun juga dianalisa. Peneliti membandingkan risiko kanker usus antara peminum kopi dan non peminum.

Di Inggris, kanker usus sangat mengkhawatirkan. Pria dan wanita didiagnosa kanker usus lebih dari 40.000 setiap tahunnya. Kanker usus ini terjadi karena  diet ketat daging merah dan lemak serta kurang olahraga.

Bagi para ibu hamil, tetap harus menghindari minum kopi  karena dapat berpengaruh pada kesehatan janin dan  komplikasi pada janin. Resiko yang paling fatal jika sering mengonsumsi kafein adalah keguguran. 
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...