Sunday, September 2, 2012

Manfaat Tablet Tambah Darah Untuk Ibu Hamil


Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi sangat dibutuhkan oleh ibu hamil . Selain itu Minuman yang diminum juga harus mendukung kebutuhan gizinya. Akan tetapi seringkali ibu hamil mengabaikan kebutuhan obat tambah darah, padahal obat tersebut berguna untk mencegah penyakit anemia.



Anemia pada ibu hamil berdampak bukan hanya pada ibu tetapi juga pada janin yang ada dalam kandungan. Seorang ibu hamil yang menderita anemia berat mempunyai berisiko mengalami perdarahan saat persalinan dan bahkan kematian. Sedangkan bayi yang dilahirkan mempunyai resiko berat rendah, kesehatan rendah serta prematur.

Dokter merekomendasikan kepada ibu hamil untuk minum obat tambah darah sebanyak 90 tablet sejak awal kehamilan sampai tiba saat nifas selesai.

Sebenarnya kebijakan suplementasi tablet tambah darah (TTD) sudah dicanangkan pemerintah sejak tahun 1970-an tetapi prevalensi anemia pada ibu hamil di Indonesia masih tinggi.

Kesehatan Rumah Tangga pada tahun 2001 melakukan survei, prevalensi anemia pada usia subur sebesar 40 persen. Sementara hasil Riskesdas Kementerian Kesehatan tahun 2010 menunjukkan, 80 persen perempuan usia 10-59 tahun telah mendapatkan TTD tetapi hanya 18 persen saja yang rutin mengonsumsinya sesuai anjuran.

Kebanyakan ibu hamil berhenti mengonsumsi TTD karena efek sampingnya seperti mual, muntah, dan sembelit. Selain itu persoalan akses dan distribusi TTD juga masih menemui kendala di daerah terpencil.
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...