Thursday, September 6, 2012

Awas Kanker Paru Menyerang Pada Orang Bukan Perokok


Kanker paru banyak menyerang orang yang malah bukan perokok. Tingkatnya pun semakin meningkat banyak.  Di Perancis diperkirakan terjadi peningkatan 11,9 persen kasus kanker paru pada bukan perokok di tahun 2010. 

Sedangkan jumlah wanita yang terkena kanker paru pun naik dari 16 persen di tahun 2000 menjadi 24,4 persen
di tahun 2010. Demikian menurut data yang dilakukan tim dari French College of General Hospital Respiratory Physicians.

Kelompok wanita yang pernah merokok, angka kejadian kanker paru dalam 10 tahun terakhir diperkirakan mencapai 65 persen. Justru yang sangat mengherankan adalah jumlah kasus kanker paru pada pria perokok malah  menurun meskipun jumlah pada bukan perokok meningkat. Sangat fantastis bukan?

Disamping  meningkatnya kasus pada wanita dan bukan perokok, dalam studi dan penelitian  juga mengungkapkan bahawa kasus kanker paru makin sering ditemukan pada stadium lanjut. Tipe kanker paru yang ditemukan juga berubah.

Peningkatan kasus kanker paru pada bukan perokok mungkin dipicu oleh memburuknya lingkungan,misalnya akibat asap buangan dari mesin disel industri. Sebelumnya WHO menggolongkan asap diesel sebagai karsinogen.

Kanker paru pada perokok dan bukan perokok berbeda. Pada bukan perokok ditemukan perubahan DNA dua kali lebih banyak dari perokok.

Di negara kita (Indonesia), penyakit pernapasan menjadi 10 besar penyebab kesakitan. Jumlah perempuan perokok juga terus bertambah.

Waspadalah terhadap kesehatan anda...
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...