Sunday, September 2, 2012

Manfaat Samping Obat Kolesterol


Statin merupakan salah satu obat penurun kolesterol yang banyak digunakan ternyata memiliki manfaat yang luar biasa. Sebuah penelitian sudah membuktikan bahwa statin mampu melindungi orang dari penyakit pankreatitis. Penyakit ini menyebabkan 25.000 orang menjalani rawat inap, dan 950 orang mengalami kematian per tahun nya.


Pankreatitis adalah peradangan pada pankreas. Pankreatitis terjadi pada saat  enzim yang diproduksi di pankreas menjadi aktif di dalam pankreas, sehingga menyebabkan kerusakan pada organ. Selama pencernaan normal, enzim pankreas yang tidak aktif bergerak melalui saluran pankreas dan bergerak ke usus halus, di mana enzim menjadi aktif dan membantu pencernaan makanan. Pada pankreatitis, enzim menjadi aktif sedangkan masih berada di pankreas, menyebabkan peradangan dan tanda atau gejala yang berhubungan dengan pankreatitis.

Apabila pankreatitis akut melakukan serangan secara berulang maka yang akan terjadi adalah pankreatitis kronis. Pada pankreas yang luka maka fungsi dari pankreas tersebut akan hilang. Apabila fungsi pankreas tidak berfungsi dengan baik maka akan menyebabkan gangguan pencernaan, kesehatan menurun serta diabetes.

Resiko pakreatitis pada orang-orang yang menggunakan statin lebih renah 21 %. Dibandingkan pasien yang menggunakan plasebo atau obat tradisional seperti fibrates. Dalam jurnal medis Jama, tim penelitian menyatakan pada pasien dengan kadar trigliserida tinggi, statin berkeja lebih baik mencegah peradangan pada pankreas.

Penderita dengan kadar trigliserida tinggi sebaiknya mulai merubah pola gaya hidupnya. Olahraga teratur serta makan makanan sehat adalah kunci sehat bagi mereka yang memiliki kadar lemak cukup tinggi.
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...