Sunday, September 2, 2012

Manfaat Sunat Bagi Anak Laki-Laki


Sunat/Khitan adalah operasi pengangkatan kulit penis merupakan prosedur medis yang biasa dilakukan pada anak-anak atau remaja muslim. Dalam dunia medis, hal seperti ini masih dianggap kontroversial meskipun sudah banyak yang  membuktikan manfaat bagi kesehatanya.

American Academy of Pediatrics (AAP) merupakan organisasi dokter anak dunia, menyatakan bahwa manfaat khitan
itu jauh lebih besar daripada risikonya. AAP pun meluncurkan pedoman baru terkait prosedur ini untuk mendukung dan mempromosikan manfaat kesehatan dari khitan.

Sudah ada peringatan bahwa rendahnya jumlah bayi laki-laki yang dikhitan dapat menyebabkan tingginya jumlah infeksi menular seksual yang terjadi di AS. Dalam 10 tahun lebih ini, infeksi telah menghabiskan biaya pengobatan hingga mencapai milyaran dolar AS.

Akan tetapi penentang khitan juga bersikeras prosedur ini sebenarnya tak diperlukan dan dapat mengurangi sensasi seksual pria. Lagipula prosedur ini menghabiskan biaya antara 150-300 dollar AS di kawasan Los Angeles saja.

Beberapa orang mempunyai anggapan, biaya adalah isu sensitif, apalagi sejak 18 negara bagian di AS menolak untuk menanggung biaya prosedur itu di bawah program Medicaid bagi orang-orang dari kalangan menengah ke bawah.

Pedoman baru yang diluncurkan secara online mulai 27 Agustus 2012 dan akan dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics pada bulan September itu menawarkan bukti-bukti kuat tentang manfaat khitan, terutama dalam rangka mencegah penyebaran virus penyebab AIDS yaitu HIV.
Hal ini juga mengungkapkan bahwa prosedur khitan dapat menurunkan risiko infeksi saluran kemih pada bayi, herpes kelamin, human papilloma virus (HPV), kanker serviks pada wanita dan kanker penis.

Akan tetapi, prosedur ini juga tak luput dari risiko seperti pendarahan yang ditemukan pada satu dari 500 anak laki-laki. Hilangnya sensasi seksual saat menginjak usia dewasa akibat hilangnya saraf di bagian kulit penis akibat khitan tak terbukti .

Kebanyakan orang takut jika mereka melakukan khitan maka sensasi seksual akan berkurang,  tapi jutaan pria yang menjalani prosedur ini terbukti dapat menjalani kehidupan pernikahan yang sangat bahagia.

Meski begitu semuanya diserahkan lagi kepada orang tua yang mempunyai hak untuk mengkhitankan anaknya sendiri atau tidak. Akan tetapi tentu saja setelah mempertimbangkan saran dokter serta pilihan dan kepercayaan orangtua masing-masing.
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...