Friday, September 7, 2012

Tips Memperlambat Kepikunan


Orang akan secara otomatis mahir dengan bahasa dimana dia tinggal. Semakin lama dia berdomisili disuatu tempat maka semakin mahir juga dia berbahasa daerah tersebut. Apabila ada kesempatan untuk tinggal di luar negeri pun maka kemampuan untuk berbahasa asing juga akan ikut terasah. 

Meskipun tidak memiliki kesempatan untuk tinggal di suatu tempat, tetapi kita masih bisa melatih bahasa dari daerah lain dengan melakukan kursus-kursus bahasa yang kita inginkan. Untuk bahasa daerah memang tidak ada tempat kursus tertentu tetapi kita dapat minta tolong kepada teman untuk mengajarinya.

Sedangkan untuk bahasa asing, sudah jelas bahwa banyak sekali tempat-tempat kursus yang memudahkan kita untuk memulai belajar sesuai dengan bahasa yang ingin kita pelajari. Tujuan kita mempelajari bahasa asing adalah selain memperbanyak wawasan dan pengetahuan, juga bisa digunakan untuk modal kita cari kerja nantinya jika suatu perusahaan memerlukan pegawai dengan syarat bisa menguasai bahasa tertentu.

Beberapa orang  belajar bahasa asing hanya untuk mengisi waktu luang saja. Hanya untuk iseng-iseng, tetapi tidak menjadi masalah. Karena pada dasarnya belajar memang tidak ada batasnya. Jika ada kemauan, sesulit apapun pasti akan mudah untuk dipelajari.
Jika anda ingin lebih mengasah lagi bahasa asing anda, cobalah dengan membeli CD tentang bahasa yang kita inginkan. Dengan mendengarkan CD tersebut, kita bisa membuka-buka kamus untuk mencari tahu arti dari kata-kata yang belum kita pahami.

Akan lebih mudah jika kita belajar bahasa asing dimulai dari masih anak-anak. Karena jika kita sudah dewasa maka akan lebih sulit untuk menangkapnya. Masalahnya bukan karena otak. Kondisi sosial, edukasi dan situasi lainnya memang telah berbeda ketika orang dewasa dihadapkan pada bahasa asing. Kalau anak dapat mencurahkan begitu banyak waktu dan perhatian saat belajar bahasa baru.

Kemungkinan bisa memahami bahasa asing dengan cepat bagi orang dewasa sangatlah kecil. Akan tetapi tetap bermanfaat bagi siapa saja yang memiliki kemauan untuk belajar.

Para ahli juga telah memberikan penegasan bahwasannya sekecil apapun hal yang kita lakukan seperti mempelajari bahasa asing, ternyata bisa membantu melindungi dari risiko penurunan kognitif.

Bagi mereka yang memiliki kemampuan berbahasa bilingual akan tetap dapat menjaga fungsi kognitifnya dengan lebih baik pada saat tubuh mulai mengalami penurunan alamiah karena proses penuaan.

Telah ada peneltian bahwa mereka yang memiliki kemampuan berbahasa bilingual, rata-rata 4 - 5 tahun lebih tua mengalami kerusakan neurologis ketimbang yang monolingual atau satu bahasa. Bagi mereka yang rutin menggunakan dua bahasa menunjukkan tanda kepikunan lebih lambat dibandingkan dengan yang hanya menggunakan satu bahasa.
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...