Wednesday, August 29, 2012

Alat Kontrasepsi Terbaru Untuk Pria Selain Kondom


Mencegah kehamilan dalam sebuah rumahtangga tidak hanya diwajibkan untuk kaum perempuan. Yang sangat disayangkan adalah pilihan alat kontrasepai untuk kaum pria masih sangat terbatas, yang membuat para pria enggan untuk menggunakannya. Agar minat para pria untuk menggunakan alat kontrasepasi meningkat,
para ilmuwan terus berusaha mengembangkan metode kontrasepsi yang nyaman bagi kaum pria.

Berita terbaru datang  dari para ahli dari Amerika Serikat yang berhasil menemukan sebuah senyawa yang dapat digunakan sebagai pil kontrasepsi pertama bagi para pria. 

Para ahli melakukan uji coba dengan molekul kecil yang dinamai JQ1 kepada tikus jantan yang subur tanpa mempengaruhi dorongan seksualnya. Ketika peneliti mengambil kembali obat tersebut, sperma tikus kembali normal serta mampu menghasilkan keturunan yang sehat. Para peneliti mengatakan sistem reproduksi manusia bekerja dengan cara hampir mirip dengan tikus. Hal Ini membuat mereka yakin percobaannya berhasil untuk kontrasepsi pria.

Pada awal mula molekul ini dikembangkan untuk menghalangi gen penyebab kanker. Akan tetapi, dalam perjalanan, rupanya molekul ini bisa digunakan untuk mencegah perkembangan sperma.

"Tikus yang menerima obat tampak sehat dan kadar hormonnya normal. Kemudian perilaku mereka bisa memicu kehamilan. Ini persamaan yang kuat antara produksi sperma pada tikus dan manusia. JQ1 bisa untuk kontrasepsi bagi manusia". 

Akan tetapi penelitian ini membutuhkan waktu bertahun-tahun sampai pil kontrasepsi bisa ditemukan secara umum di toko-toko.
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...