Saturday, August 25, 2012

Manfaat Dekat Dengan Orangtua Bagi Para Remaja


ilustrasi (dok)
Makin besar usia anak-anak biasanya hubungan dengan orangtua akan makin berjarak. Hal ini biasanya terjadi karena anak-anak ingin belajar mandiri dan ingin belajar dewasa. Akan tetapi sebuah penelitian menyebutkan bahwa menghabiskan waktu dengan orangtua akan mempunyai banyak manfaat terutama untuk perkembangan diri remaja.

Selama 7 tahun para peneliti meneliti 200 keluarga dan alhasil menemukan bahwa para remaja yang banyak menghabiskan waktu bersama dengan keluarganya akan memiliki ketrampilan sosial yang jauh lebih baik.
Selain hal tersebut apabila sang remaja lebih banyak berinteraksi dengan sang ayah maka tingkat kepercayaan diri serta harga dirinya akan jauh lebih tinggi.

Apabila remaja banyak menghabiskan waktunya dengan orangtuanya cenderung menurun maka para remaja ini di kemudian hari akan lebih suka menghabiskan waktunya dengan teman-temannya.

Penelitian sudah membuktikan bahwa usia 15 tahun para remaja biasanya banyak menghabiskan waktu bersama orangtuanya seperti dengan cara melakukan pekerjaan rumah, memasak, tidur, melihat acara televisi.

Orang tua yang telah menikah dan sudah dikarunia paling tidak 2 orang anak akan lebih banyak menghabiskan waktunya bersama anak-anaknya karena mereka  merasa sudah tua dan tidak begitu banyak konflik seperti pada saat mengasuh anak yang pertama, hal ini menunjukkan bahwa orangtua belajar dari pengalamannya ketika menghadapi anak pertama dulu.

Dalam penelitian ditemukan bahwa anak yang lebih tua akan menghabiskan waktu rata-rata 8 jam seminggu untuk berinteraksi dengan ibunya dan 7 jam dengan ayahnya. Akan tetapi anak yang lebih muda akan menghabiskan waktu rata-rata 8.5 jam seminggu dengan ibu dan 7,5 jam seminggu bersama Ayah.

"Walaupun para remaja yang terpisah dengan orangtuanya akan tetapi sebenarnya dia masih mempunyai keinginan untuk tetap dekat dengan orangtuanya".
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...