Saturday, August 4, 2012

Melakukan Beberapa Hal Ini Untuk Mempercepat Pulih Dari Sakit


ilustrasi(dok)
Anda pasti mempunyai fikiran yang sama tentang masalah ini, sakit bukanlah hal yang sangat menyenangkan. Selain membuat badan menjadi lemah, apa lagi jikalau sakit yang anda alami terlalu lama juga dapat mengurangi produktivitas Anda. Supaya tidak berlama-lama terbaring lemas ditempat tidur, ada baiknya beberapa cara yang bisa dilakukan agar mempercepat pulih dari sakit yang anda derita.

Sembuh lebih awal dari penyakit sangatlah penting agar tenaga Anda tidak terkuras habis dan bisa kembali melakukan aktivitas sehari - hari. Infeksi virus seperti demam berdarah, tifus atau cacar air biasanya memerlukan masa pemulihan yang lebih lama dibandingkan dengan sakit batuk, pilek.

Bisa anda lakukan cara-cara berikut guna mempercepat  pulihnya dari sakit, seperti dilansir boldsky, Sabtu (4-8-2012):

1. Cukup istirahat

Cobalah untuk beristirahat sebanyak mungkin agar tubuh akan mendapatkan kekuatan, tentunya hanya bisa Anda dapatkan dengan istirahat yang lebih teratur dan tepat. Jadi, sebaiknya jangan terlalu banyak melakukan kegiatan aktivitas yang banyak menguras tenanga dikarenakan stamina anda belum pulih sempurna.

2. Makan makanan yang memberikan energi

Banyak macam  makanan seperti sup ayam, telur, susu, roti, sayur, lontong sayur dan lebih banyak lagi, semuanya bisa  meningkatkan kekuatan tubuh anda. Ada juga suplemen gizi buatan seperti bubuk protein dan beberapa vitamin,  biskuit yang mengandung serat yang bisa membantu Anda mendapatkan kembali kekuatan yang lebih.

3. Perbaiki sistem pencernaan

Sepertinya Anda memiliki masalah pencernaan parah selama masa pemulihan. Pertama, makanlah makanan yang mudah dicerna seperti bubur misalnya, jangan mencoba makan makanan yang mengandung unsur pedas, asam maupun berlemak, serta makanlah dengan tenggang waktu yang singkat atau jangan terlalu menunda - nunda.  Ingat kondisi anda sedang tidak Prima.

Contoh obat-obatan yang dapat membunuh bakteri alami didalam perut dimana membuat sistem pencernaan menjadi melemah. Untuk itu, yogurt  bisa membantu menumbuhkan kembali bakteri baik didalam usus.

4. Jangan biarkan lesu menguasai tubuh

Jangan terlalu sering bermalas - malasan apalagi seharian penuh dimana. Anda merasa malas. Kondisi ini bukan karena lelah, tapi lesu dan Anda harus berjuang sendiri jika ingin kembali pulih.

Dengan melakukan istirahat sebanyak yang diperlukan dan tidak terlalu berlebihan, tetapi tetap melakukan hal-hal dasar seperti mandi, gosok gigi, senam - senam ringan, berjalan di sekitar rumah atau ganti pakaian Anda dikarenakan saat kondisi sakit keringat akan keluar berlebih tentunya.

5. Konsumsi suplemen atau vitamin

Vitamin didalam tubuh tentunya akan berkurang, setelah menderita penyakit yang cukup berat, karena nafsu makan akan berkurang, sehingga menguras cadangan vitamin dan mineral dari tubuh Anda..

Contohnya, malaria memakan hemoglobin sehingga Anda memerlukan tablet zat besi. Untuk bisa kembali pulih, tubuh sangat membutuhkan beberapa tambahan vitamin untuk meningkatkan kesehatan secara umum. Makanya jaga diri anda dengan sebaik - baiknya.
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...