Created (c) by Blog-JmK

Friday, August 10, 2012

Tips Sehat Simpan Makanan

ilustrasi (dok)
Ada cara dan tips mengelola makanan agar tetap segar meskipun tidak langsung dimasak, karena setiap orang passti menginginkan bahan makanan yang akan diolahnya akan tetap segar dan makannya juga akan terasa enak.

Dibawah ini akan diulas bagaimana cara agar bahan makanan yang dibeli tetap terlihat segar dan tetap layak dikonsumsi.



1. Tidak semua buah bisa masuk lemari es.
Semua orang berfikir dan selalu beranggapan untuk memasukkan buah serta sayuran ke lemari es, dengan tujuan agar tetap segar, padahal tidak untuk buah - buahan tropis seperti pisang, kiwi, manggis. Cukup simpan di tempat yang sejuk atau memiliki suhu kamar.

2. Cobalah bilas dengan cuka
Buah buahan beri cuci dengan air yang dicampur dengan sedikit cuka. ingat, hanya sedikit saja jangan banyak - banyak karena akan membuat anda kecewa jika memberikan cuka terlalu banyak. Kemudian baru simpan ke lemari es.

3. Beli bahan makanan lokal
Hal ini sangat mudah, setiap orang sadar bahwa buah yang dibeli di pasar di daerah dekat rumah akan lebih segar dibandingkan kita beli di supermarket. Karena tidak melalui proses perjalanan panjang.

4. Apabila menyimoan daging dan ikan segar di lemari es, letakkan di bagian bawah.
Bila kita membeli daging atau ikan masih dalam kondisi segar, maka hal tersebut tidak perlu diletakkan di dalam freezer. Caranya simpan daging dan ikan segar tersebut ke dalam lemari es yang paling bawah,karena bagian tersebut adalah yang paling dingin setelah freezer.

5. Simpan makanan dalam wadah terbuka.
Pastikan buah atau sayuran yang anda tidak disimpan di dalam wadah kedap udara terlalu lama karena respirasi merupakan komponen terpenting untuk mempertahankan kesegaran buah dan sayuran.

6. Periksa keju yang dipakai
Semakin lembab kondisi keju maka semakin rentan juga keju tersebut berjamur.
Keju kering seperti parmesan dan romano mungkin bisa tahan lebih lama namun keju cottage dan mozarella tak bisa tahan lama bila dimasukkan dalam lemari es.

7. Pertahankan kelembabannya
Kadar kelembaban buah, sayuran, daging, keju dan salad hijau harus tetap stabil. Tipsnya adalah cuci sayuran dan membungkusnya dalam  kertas, kemudian masukkan sayuran yang sudah dibungkus tadi ke dalam tas plastik dan disimpan dalam lemari es.

8. Rendam dalam air es
Jika anda mengetahui sayuran anda sudah mulai layu, segera masukkan sayuran tersebut ke dalam air es beberapa menit saja. Air es tersebut akan menembus kulit sayuran dan mengembalikan kesegarannya.

9. Kentang tidak boleh masuk kulkas.
Kentang akan menjadi manis di dalam lemari es karena kandungan patinya berubah menjadi gula. Simpan saja di tempat yang sejuk dan kering.

10. Simpan herbal dalam plastik zip
Obat atau bumbu herbal disimpan di dalam freezer agar tetap segar. Akan tetapi letakkan bahan-bahan itu ke dalam plastik zip dan bisa dipastikan ini akan tetap sampai sebulan.

11. Pergunakan  daun salam
Sering kali kita jumpai serangga seperti kumbang masuk kedalam rumah. Apalagi sampai masuk ketempat penyimpanan nasi. basmi serangga tersebut dengan daun salam. Caranya letakkan daun salam di sekitar dapur, karena aroma daun salam akan mencegah serangga tersebut menyerang bahan makanan kita.

12. Pakailah lemon atau jeruk nipis
Tambahkan perasan lemon atau jeruk nipis pada Alpukat dan apel,karena kedua buah tersebut mempunyai usia pemakaian yang tidak panjang.

13. Rendam kentang dalam air
Agar tetap segar, rendam kentang yang sudah dipotong-potong ke dalam air.hal ini untuk mencegah oksidasi.

Artikel Terkait Atau Yang Mungkin Anda Berminat

Ditulis Oleh : Edi Handoyo ~ menithealth.info

Anda sekarang sedang membaca sebuah artikel yang berjudul Tips Sehat Simpan Makanan,, Semoga artikel tersebut bermanfaat untuk anda dan jangan lupa untuk berkunjung kembali, ( silahkan berkomentar di kotak komentar, apabila komentar anda berbau sara, spam, tidak berkaitan dengan artikel, promosi link maka komentar akan saya hapus.. )

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Copyright © 2013 - All right reserved | Template design not original by kiplek | Published by menithealth
Proudly powered by Blogger.com | Best view on Opera | mozilla | internet explore | and chrome