Friday, August 31, 2012

Tips Bagi Wanita Agar Terhindar Dari Infeksi Saluran Kencing


UTI  (urinary tract infection) merupakan Infeksi saluran kemih pada wanita   penyebabnya adalah  bakteri. Bakteri memasuki saluran kemih melalui uretra dan kemudian menginfeksi kandung kemih.

Apabila infeksi ini naik ke ginjal, akan mempengaruhi fungsi kerja ginjal. Akan tetapi tak perlu begitu khawatir , infeksi bakteri penyebab UTI pada wanita dapat dicegah.


Berikut ini cara / langkah untuk mencegah infeksi pada saluran kemih, yaitu:

1. Jangan sampai kekurangan cairan. Minum yang banyak
Sering buang air kecil justru akan mengeluarkan bakteri dari saluran kemih sebelum infeksi akan timbul dan menyebar. Jadi minumlah paling tidak 8 - 10 gelas setiap harinya untuk membantu mengencerkan urin dan untuk sering buang air kecil.
Warna urin yang sehat adalah yang berwarna kuning cerah. Waspadalah jika warna urin anda berwarna kuning gelap, segera tingkatkan asupan air minum anda.

2. Lap dari depan ke belakang setelah buang air kecil atau besar.
Apabila anda selesai melakukan buang air kecil atau besar, biasakanlah untuk menge-lap atau membersihkan alat kelamin dengan  mengusap dari depan ke belakang. Hal ini dapat membantu mencegah kontaminasi dari vagina dan uretra oleh bakteri di daerah anus.

3. Buang air kecil setelah berhubungan
Kandung kemih sesegera mungkin bersihkanlah setelah melakukan hubungan seksual karena dengan menggosok / membersihkannya akan mengeluarkan bakteri yang mungkin telah memasuki uretra. Selain itu minum segelas penuh air setelah berhubungan seks untuk meningkatkan pembentukan urin dan mengeluarkan bakteri ketika buang air kecil.
Buang air kecil setelah berhubungan sangat membantu wanita yang memiliki UTI berulang karena uretra biasanya akan terganggu ketika berhubungan seks.

4. Jauhilah penggunaan produk dengan wewangian
Sabun wangi, bubuk wangi, tisu toilet wangi atau berwarna, pembalut dan panty liner yang mengandung pewangi, dapat mengiritasi uretra. Hindari menggunakan produk dengan wewangian untuk mengurangi risiko UTI.

5. Minum obat
Apabila anda memiliki UTI berulang setelah berhubungan seks, segera hubungi dan konsultasikan dengan dokter. Dokter mungkin akan memberi resep tablet obat antibiotik yang harus diambil setiap kali melakukan hubungan seks.

6. Ganti alat kontrasepsi Anda
Sebagian  wanita yang menggunakan kondom wanita atau penggunaan kondom pasangan yang dilapisi dengan spermisida, mungkin akan menyebabkan UTI. Jika UTI terjadi, konsultasikan dengan dokter mengenai alat kontrasepsi yang terbaik dan cocok bagi anda.
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...