Friday, August 31, 2012

Cara Memberi Obat Kepada Anak Tanpa Rasa Trauma Berkepanjangan


Kesabaran orang tua akan dituntut ketika sedang memberikan obat-obatan kepada buah hatinya yang sedang sakit. Kreatifitas dalam memberikan obat juga sangat diperlukan. Jika dalam memberi obat kepada sang anak dilakukan dengan cara pemaksaan, maka yang didapat hanyalah trauma yang berkepanjangan.


Jadi para orang tua benar - benar dituntut kesabarannya dalam hal tersebut (pemberian obat).

Tindakan pemaksaan orang tua yang dilakukan seperti memarahi, mengancam, bahkan ada yang memaksa anak untuk meminum obat dengan menekan atau memencet hidung sang anak. walaupun pada akhirnya obat tersebut nantinya akan tertelan tapi justru hal tersebut sangat membahayakan bagi sang anak, bisa-bisa membahayakan keselamatan jiwanya karena  anak bisa tersedak dan bahkan memunculkan rasa ketakutan sampai trauma. 

Beri pengertian kepada sang anak untuk minum obat, atau sang ibu memberi contoh sehingga rasa takut sang anak untuk minum obat akan hilang dan tidak ada keterpaksaan
Tunjukkan kreatifitas anda dalam hal memberikan obat. Melalui permainan misalnya atau bekerjasamalah dengan dokter anak. Mintalah kepada dokter anak anda untuk memnerikan obat dengan rasa yang enak seperti rasa buah-buahan yang mereka senangi.

Jangan terburu - buru memberi obat kepada anak jika penyakit yang diderita masih tergolong ringan, seperti batuk atau pilek. Beri minum air putih hangat dan oleskan balsem tipis-tipis untuk menghangatkan badannya serta makanan yang sehat. Apabila anak anda masih bayi, cukup dengan dijemur pada pagi hari saja.

Semoga Bermanfaat.......
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...