Saturday, August 4, 2012

Tanda - Tanda Autis Pada Anak


ilustrasi(dok)
Ketika baru bisa berjalan , anak kecil suka jalan jinjit  Ada yang mengaitkannya dengan gangguan perkembangan neurologis misalnya autis. Benarkah demikian?


Para ahli mengatakan, lebih dari 50 persen anak kecil pernah berjalan jinjit hinggaumur5 tahun. Namun sebagian besar dari anak-anak ini tidak memiliki gangguan neurodevelopmental atau neuropsikiatri seperti yang ditemukan pada anak-anak autis.

"Faktanya jalan jinjit pada anak Anda bukan tanda-tanda autis. Banyak juga anak yang jalannya jinjit tapi pertumbuhannya normal,"


kata Jonathan Strober, MD, seorang neurolog anak dari Benioff Children's Hospital seperti dikutip dari WebMD

Pada penelitian, jalan jinjit memang sering menyertai berbagai gangguan pada anak seperti cerebral palsy dan muscular dystrophy. Namun banyak kasus, jalan jinjit muncul begitu saja tanpa ada gangguan serius yang menyertainya.

Penelitian terbaru yang dilakukan oleh Children's National Medical Center di Washington DC menyimpulkan, jalan jinjit pada kebanyakan kasus adalah normal. Hampir semua anak mengalaminya sampai usia tertentu, lalu kebiasaan ini hilang dengan sendirinya.

Fakta lain tentang jalan jinjit :.

1. Hampir 50 persen anak kecil pernah jalan jinjit pada satu masa dalam hidupnya. Namun pada usia 5,5 tahun, kurang dari setengahnya tidak lagi berjalan jinjit.


2. Jalan jinjit biasnaya dimulai ketika baru bisa berjalan sendiri.


3. Sejak pertama kali jalan jinjit, anak kecil sering melakukannya hingga 1-2 tahun sebelum lancar berjalan dengan normal.


4. Anak kecil yang masih berjalan jinjit hingga umur 5,5 tahun hanya sekitar 25 persen.


5. Anak didiagnosis mengalami gangguan kognitif dan neuropsikiatri, termasuk anak-anak autis memang memiliki kecenderungan lebih tinggi untuk jalan jinjit.
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...