Monday, August 27, 2012

Hati-Hati! Berenang Tetap Menggunakan Lensa Kontak Bisa Mengakibatkan Kebutaan


ilustrasi (dok)
Tentu tidak asing lagi bagi anda apa itu lensa kontak bukan? Tapi kebersihanya juga harus diperhatikan demi terhindarnya dari infeksi pada mata. Jennie Hurst yang berusia 28 tahun seorang pemakai lensa kontak juga menyadarinya. 
Dalam kesehariannya, Jennie selalu melepas lensanya menjelang tidur dan memastikan diri melakukannya dengan tangan dalam keadaan atau kondisi yang bersih.


Setiap malam menjelang tidur tidak lupa dia selalu melepasnya dan selalu rajin menggantinya setiap 2 minggu sekali. Tak sembarangan dia membersihkannya. Dia membersihkan menggunakan larutan pembersih khusus pembersih lensa kontak.

Sangat tragis memang, sekarang mata Jennie sebelah kiri mengalami kebutaan yang disebabkan karena terinfeksi. Yang menjadi penyebabnya adalah ia berenang tanpa melepas lensa kontaknya.

Tragisnya lagi Jennie sebenarnya tidak menyukai olahraga ini. Pada saat itu dia hanya berenang beberapa putaran di kolam renang hotel. Ia tetap menggunakan lensa kontaknya karena dia tidak mau air masuk ke matanya, tapi justru hal ini yang mengakibatkan kebutaan di salah satu matanya.


Air merupakan tempat tinggal  acanthamoeba keratitis yang berasal dari amuba. Parasit tersebut tumbuh subur dan berisiko tinggi bagi pemakai lensa kontak jika mereka membersihkan lensa di air keran, atau berenang dan mandi dengan  lensa kontak masih menempel di mata.. Pada saat air masuk mata, parasit ini akan terjebak antara lensa dan mata. Sangat besar kemungkinannya parasit bersembunyi di bola mata dan menyebabkan infeksi.

Pada saat berada di rumah sakit, dia tidak segera dirujuk ke rumah sakit spesialis mata. Untuk sementara dia hanya diberi obat tetes mata dan untuk kembali chek up seminggu kemudian. Tetapi sudah hampir seminggu tetap saja tidak ada perubahan yang lebih baik.


"Jennie menghabiskan sebagian besar waktu di ruangan gelap. Kemudian, dia harus tinggal bersama orang tua karena tidak bisa berbuat apa-apa sendiri. Cahaya yang datang membuat matanya semakin sakit". 


Jennie adalah salah satu dari banyak orang muda yang menderita infeksi mata karena kurang pengetahuan soal pemakaian lensa kontak. Meskipun jarang terjadi, acanthamoeba keratitis bisa mengancam kesehatan mata. Organisme ini memakan korena dan menutup penglihatan.

Amuba  dapat menembus bola mata, dan dapat menyebabkan seseorang kehilangan penglihatan menyeluruh dalam beberapa minggu. Saat amuba ini menyerang sangat menyakitkan pasien karena serangannya langsung ke saraf kornea dan pengobatannya sendiri sangat menyakitkan.

Kesadaran para pemakai lensa kontak masih sangat rendah, para pemakai lensa kontak harus berhati-hati dan selalu menjaga kebersihan tangannya agar resiko untuk mata tidak terjadi. Tangan harus dicuci dahulu dengan sabun dan air mengalir untuk menyingkirkan bakkteri, lalu dikeringkan dengan handuk basah. Lensa tidak bisa dicuci di bawah air keran serta harus rajin diganti setiap bulan.
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...