Wednesday, August 8, 2012

Mudik Tetap Sehat,Bagaimana Caranya??


ilustrasi (dok)
Ada beberapa tips bagi para pemudik agar tetap fit dan sehat di perjalanan. Karena banyak sekali para pemudik yang mengalami kelelahan saat perjalanan pulang kampung.Tips tersebut antara lain:

1.Selalu menjaga daya tahan tubuh
Apabila akan mudik dengan menempuh waktu yang cukup lama, usahakan jangan begadang sebelumnya.Kurang tidur lebih berpengaruh terhadap menurunnya daya tahan tubuh ketimbang kurang makan.


2. Gunakan masker
Di perjalanan, para pemudik banyak sekali, kita tidak tahu siapa saja yang kita temui di jalan. Apakah orang tersebut sehat atau sakit. maka dari itu untuk mewasdainya atau sebagai upaya pencegahannya, gunakanlah masker.

3. Selalu mencuci tangan dengan sabun, lakukan sesering mungkin.
Apabila kita melakukan peristirahatan di tempat pemberhentian, selalu cucilah tangan dengan sabun untuk menghindari kuman yang menempel di tangan.

4. Jika merasa ingin buag air kecil, jangan ditahan
Radang kantung kencing lebih mudah terjadi, biasanya rentan pada kaum wanita karena   wanita memiliki uretra yang lebih pendek ketimbang pria, lebih lebar dan lurus. Kondisi ini memudahkan kuman untuk menginfeksi. .

5. Lihat kebersihan tempat makan
Apabila anda makan di suatu tempat, anda menemukan serangga kecil-kecil seperti kecoa misalnya, segera urungkan niat anda untuk makan ditempat itu. cari makan ditempat lain saja. Anda bisa bayangkan, di meja makan saja banyak sekali kecoa apalagi di dapurnya?
Untuk masalah minumnya,pilihlah minuman yang pakai botol karena kalau minuman yang diracik belum tentu bersih.

6. Cari tahu kondisi daerah yang akan dikunjungi
Sebaiknya mencari tahu kondisi daerah-daerah yang akan di kunjungi. Bisa jadi ada penyakit yang endemik di daerah tersebut, seperti malaria. Bila Anda tahu kan bisa dipersiapkan pencegahannya atau membawa obat-obatan.
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...