Saturday, August 4, 2012

Manfaat Main di Luar Rumah untuk Anak


ilustrasi(dok)


Jangan khawatir jika anak bermain dengan teman-temannya di luar rumah.
Lingkungan 
alam yang terbuka memiliki manfaat yang sangat besar bagi perkembangan dan konsisi 
mental anak-anak.




Berikut 6 manfaat lingkungan luar untuk kesehatan anak



1. Menghindarkan anak dari obesitas


Anak-anak bermain di luar rumah dapat meningkatkan tingkat aktivitas fisik anak dan mengurangi risiko kelebihan berat badan. Obesitas pada anak akan menempatkan risiko penyakit termasuk diabetes dan penyakit jantung ketika dewasa kelak.


2. Meringankan stres


 berinteraksi dengan alam dapat membantu anak mengatasi stres dan kecemasan. Anak-anak yang bermain di luar setiap hari mampu melepaskan ketegangan dan lebih mudah mengeksplorasi ide kreativitas dan emosi.

3. Meningkatkan konsentrasi


Para peneliti  melaporkan bahwa kontak dengan alam dapat meningkatkan suasana hati, konsentrasi dan pemecahan masalah pada anak-anak. suasana lingkungan sangat efektif mengurangi gejala sulitnya memusatkan perhatian pada anak yang menderita ADHD.



4. Menghindarkan anak dari depresi


Depresi berat membutuhkan perawatan medis, tetapi aktivitas fisik di luar ruangan, dapat membantu meringankan berbagai gejalanya menghabiskan waktu di luar rumah dan berjalan-jalan di bawah pepohonan yang rindang mampu menghindarkan anak dari depresi.

5. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh


Bermain di bawah sinar matahari pagi selama beberapa menit sehari dapat membantu meningkatkan kekebalan dan pasokan vitamin D untuk tulang. Mungkin juga ada manfaat emosional dari interaksi anak dengan lingkungan luar yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.


6. Meningkatkan perilaku baik


 anak yang memiliki setidaknya 15 menit waktu untuk beristirahat di luar ruangan memiliki perilaku yang lebih baik di sekolah dibandingkan anak-anak yang menghabiskan waktu istirahatnya di dalam ruangan.


Anak-anak perlu istirahat dari pelajaran sekolah dan keluar dari kelas pada siang hari untuk bermain-main dan melepaskan kepenatan sebelum beralih kembali ke pelajaran berikutnya.
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...