Sunday, August 5, 2012

Manfaat Kuningnya Kunyit



Kunyit dikenal dengan nama latin Curcuma Domestica, yang merupakan tanaman obat asli dari Asia Tenggara yang tumbuh baik di Indonesia.

Kunyit telah digunakan selama berabad-abad di Asia untuk mengobati sejumlah penyakit. Bahan aktifnya bertindak sebagai anti-inflamasi dan antiseptik, sehingga bisa efektif dijadikan obat jerawat.


Kandungan zat yang ada pada kunyit yaitu pewarna kuning (curcumin)  diyakini memiliki sifat anti-inflamasi (anti-peradangan), antiseptik, dan pengeringan, yang semuanya dapat membantu mengobati jerawat,

Anti-inflamasi  dapat membantu mengurangi kemerahan dan iritasi yang terkait dengan jerawat. Sementara antiseptik membantu membersihkan kulit dari kotoran yang menyebabkan jerawat.

Kunyit dapat membantu menyerap minyak apabila digunakan pada wajah yang berminyak.
Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperoleh manfaat kunyit untuk mengobati jerawat, seperti:

Cara 1
Satu gelas susu hangat dicampur satu sendok teh kunyit ke dalamnya. Aduk hingga warna susu berubah menjadi kuning. Minum sekali sehari,  sebelum tidur. Hal ini akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, yang akibatnya tubuh akan lebih mampu melawan infeksi bakteri, sehingga cepat menyembuhkan jerawat.

Cara 2
Oleskan bubuk kunyit yang dicampur air atau krim kunyit untuk daerah yang berjerawat sekali atau dua kali sehari setelah membersihkan kulit.

Cara 3
Memperbanyak kunyit dalam bumbu makanan juga bisa membantu mengurangi perkembangan jerawat.

Cara 4
Ambil 2-3 sendok teh bubuk kunyit, 1-2 tetes jus lemon dan campurkan dengan 1-2 tetes minyak mustard atau minyak zaitun kepala atau minyak jojoba. Oleskan secara merata pada wajah dan biarkan 15 menit sebelum dibilas.
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...