Thursday, August 30, 2012

Hal Pertama Yang Dilakukan Saat Mendapat Serangan Jantung


Salah satu kondisi darurat medis adalah serangan jantung karena hal ini dapat menimbulkan kerusakan pasa otot jantung serta pad akhirnya dapat menimbulkan kematian.
Pertolongan pertama yang bisa dilakukan apabila hal ini terjadi sewaktu waktu adalah mengunyah aspirin sambil menunggu pertolongan pertama untuk meningkatkan harapan hidup.



Bekuan darah menyumbat aliran darah di arteri koroner, hal inilah yang menyebabkan serangan jantung terjadi. Untuk gejala serangan jantung yang ditimbulkan pada pria dan wanita tidak sama. Pada pria pada umumnya merasakan gejala klasik seperti nyeri dada, sesak napas dan pancaran nyeri di leher serta tangan.
Sedangkan untuk kaum wanita, gejala yang timbul adalah kelelahan yang begitu berat rasa tidak nyaman yang sering dikira gangguan pencernaan, dan keringat dingin. Ada juga orang yang terkena serangan jantung dengan pingsan mendadak.
Apapun gejalanya, akan tetapi tindakan yang harus dilakukan haruslah sama yaitu sesegera mungkin menghubungi bantuan medis atau  pergi ke rumah sakit dan mengunyah aspirin. 


Aspirin yang dikunyah akan mencegah aktivitas bekuan darah yang bisa menyumbat arteri saat serangan jantung.
Para ahli dalam penelitiannya 12 subyek di laboratorium diketahui, mengunyah aspirin selama 30 detik sebelum menelannya akan mengurangi aktivitas bekuan darah sampai 50 persen dalam lima menit. Sementara itu jika aspirin langsung ditelan tanpa dikunyah, diperlukan waktu 12 menit untuk mendapat efek yang sama. Dosis aspirin yang dianjurkan adalah 325 miligram
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...