Wednesday, August 22, 2012

Tips Berhubungan Seks Jika Sedang Dalam Proses Kemoterapi


ilustrasi (dok)
Kemoterapi  mempunyai  efek  samping  yang mengorbankan hubungan suami istri.  Kemoterapi merupakan salah satu metode pengobatan kanker. 
Hubungan seksual yang dikorbankan termasuk di dalamnya adalah menurunnya aktivitas seksual. Kondisi fisik penderita kanker menurun, sementara psikisnya terganggu seperti mudah marah, tidak percaya diri, dan putus asa.


Seorang ahli Onkologi dari Mayo Clinic mengatakan, pasien dan pasangannya perlu membahas hal itu dengan dokter mereka. Pada umumnya tidak mempermasalah hubungan seks dilakukan selama proses kemoterapi berlangsung asalkan anda merasa sanggup.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan apabila ingin melakukan hubungan seks selama proses kemoterapi, yaitu:
1. Jenis kanker yang di idap
Jika kanker anda berpengaruh terhadap alat/organ kelamin maka hubungan seks perlu waktu yang panjang. Dokter akan menyarankan kepada anda untuk tidak berhubungan seks selama proses kemoterapi berlangsung.

2. Jenis kemoterapi yang dijalani.
Beberapa jenis kemoterapi memberi efek perubahan pada lapisan vagina. Jika vagina terluka selama berhubungan seks tentu lebih beresiko. Kemoterapi dengan dosis tinggi akan mempengaruhi sistem kekebalan tubuh sampai titik terbawah. Jika seperti itu, berhubungan seks bukanlah ide baik.

3. Adakah Kemungkinan hamil?
Jika hubungan seks yang anda lakukan bisa menyebabkan kehamilan, sebaiknya tunda dulu. Pada saat melakukan kemoterapi, tidak disarankan untuk hamil karena efek ini berpengaruh terhadap janin yang ada dalam kandungan nantinya.

4. Siapkah pasangan anda jika terjadi alergi selama proses kemoterapi?
Meskipun kemungkinannya kecil, secara teori, reaksi dan alergi pada pasangan saat berhubungan seks mungkin terjadi.

5. Apakah anda sendiri sanggup untuk melakukan hubungan seks?
Kemoterapi merupakan masa yang panjang yang menguras tenaga. Capek adalah salah satu faktor utama. Pada saat kondisi badan capek, apakah anda masih sanggup untuk melakukan hubungan seks dengan pasangan?

Berhubungan intim dengan pasangan apabila salah satu sedang melakukan kemoterapi tidak hanya lewat hubungan seksual. Masih banyak cara untuk mengungkapkan kasih sayang kepada pasangan misalnya melakukan tindakan sederhana  seperti mencium, memeluk, berkegiatan bersama serta selalu siap berada di sampingnya.
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...