Tuesday, August 28, 2012

Anak Tunggal Lebih Berpotensi Obesitas


ilustrasi (dok)
Apakah anda juga salah seorang yang beranggapan bahwa anak tungal cenderung dimanja orangtuanya? Akan tetapi jangan salah. Sudah diadakan penelitian bahwa anak yang tidak memiliki saudara / anak tunggal mempunyai resiko 50% mengalami gangguan pada kesehatannya yaitu  obesitas. Apalagi anak tunggal tersebut banyak menghabiskan waktunya hanya di rumah saja. 



Anak tunggal lebih berpotensi terkena obesitas daripada anak-anak yang memiliki saudara kandung,meskipun para peneliti telah mengukur faktor berat badan orang tua, gender, dan berat lahir.  

Pada penelitian, indeks massa tubuh (BMI) tiap responden diukur. Sementara, para orang tuanya pun juga diminta mengisi lembar jawaban yang berisi pertanyaan soal gaya hidup anak mereka mereka masing-masing, menyangkut  kebiasaan makan, bermain, serta waktu untuk menonton televisi. Alhasil, banyak anak menghabiskan waktunya tinggal di dalam rumah dan memiliki televisi sendiri di kamarnya.

Obesitas merupakan lebihnya lemak di dalam tubuh. Obesitas mengganggu kesehatan yang lain, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Dokter menggunakan BMI (indeks massa tubuh) yang di dasarkan pada berat badan dan tinggi badan untuk menentukan apakah Anda (orangtua) mengidap obesitas. Kegemukan dan obesitas dapat dipengaruhi genetik dan faktor lingkungkan.
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...