Friday, August 17, 2012

Jeruk ini Bisa Membantu Penyerapan Obat "Grapefruit"


ilustrasi(dok)
Jeruk (Grapefruit) dapat menangkal kerja enzim didalam dinding usus, yang mana enzim tersebut akan memperlambat masuknya obat ke sel darah.. Coba Anda mengkonsumsi grapefruit bersama obat untuk, psikiatri (valium),   kolesterol (statin), pengurang rasa sakit (methadone), dan obat kanker (sirolimus/rapamycin) yang menyebabkan obat masuk lebih cepat ke aliran darah sehingga jadi racun didalam tubuh si pasien.


Para peneliti University of Chicago Medicine (UCM), menyatakan sisi positif grapefruit. Seringnya mengkonsumsi buah jeruk  bisa mengurangi dosis sirolimus, yang mana dapat  menurunkan efek samping terhadap obat.

Studi yang dilaporkan di jurnal Clinical Cancer Research yang dikutip Livescience, Selasa (7-8-2012) lalu, dipelopori ahli kanker UCM, Ezra Cohen. Penelitian itu melibatkan kurang lebih 138 penderita kanker dan dibagi dalam 3 kelompok.

Dan hasilnya, pasien yang hanya minum sirolimus memerlukan dosis 90 mg setiap minggu. Sedangkan yang minum jus "grapefruit" hanya perlu 25-35 mg sirolimus untuk setiap minggunya. Kelompok sirolimus dan ketoconazole perlu 16 mg sirolimus setiap minggu. Tapi, jus grapefruit lebih disarankan karena digolongkan dalam bahan alami lagi pula murah.
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...