Sunday, August 5, 2012

Manfaat Dari Kentang Ungu



Kentang dan sayuran  merupakan sumber antioksidan yang bermanfaat bagi kesehatan. Para Peneliti dan petani kini sedang mengembangkan kentang ungu yang lebih sehat daripada kentang yang sudah ada di pasaran.
Kentang ungu atau  Purple Majesty memiliki kedalaman warna yang khas dan mengandung antioksidan (disebut antosianin) lebih banyak hingga 10 kali lipat ketimbang kentang putih yang sudas ada di pasaran.

Kentang ini sudah mulai dipasarkan di supermarket-supermarket Inggris dan merupakan hasil pengembangan yang dilakukan peneliti dari Colorado State University.

Kentang ini bukan hasil rekayasa genetika. Peneliti mengembangkan kentang ini dengan berbagai varietas tradisional selama 2 tahun.

"Penelitian ini melihat khusus kentang Purple Majesty. Tidak seperti kentang putih, kentang ungu ini mengandung pigmen alami yang disebut antosianin," jelas Dr Catherine Tsang, salah satu peneliti..

Dr Tsang menjelaskan, pigmen antosianin memberikan warna ungu pada kentang. Tak hanya itu, antosianin ternyata juga merupakan antioksidan yang kuat dan beberapa uji menunjukkan bahwa antosianin memiliki efek positif pada pembuluh darah dan mengurangi tekanan darah.

Kentang akan berubah menjadi jahat  apabila disajikan dalam bentuk kentang goreng atau keripik.Sebagai salah satu sumber antioksidan, kentang relatif sangat digemari di seluruh dunia. Sayuran ini sebenarnya juga bebas lemak dan baik untuk kesehatan.

Pada kentang, kandungan antioksidan  ditemukan dalam bentuk vitamin C. Dan menurut peneliti dari Obihiro University, Jepang, kandungan antioksidan yang lebih tinggi terdapat pada kentang yang dagingnya tidak pucat terutama yang berwarna ungu.

Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...