Thursday, August 9, 2012

Tidur Bisa Juga Menurunkan Berat Badan. Mau Tau Caranya?


ilustrasi (dok)
Mengatur pola tidur yang baik akan berakibat pada penurunan berat badan dan kesehatan menjadi prima.Sebaliknya, jika kita kurang tisur maka akan memicu untuk makan terus menerus dan menyebabkan kegemukan.

hormon ghrelin akan bereproduksi apabila kita kurang tidur dan akan merangsang nafsu makan.
Hal ini dapat menyebabkan tubuh memakan sampai 300 kalori lebih dalam sehari dibandingkan ketika tubuh ckup tidur.


Orang yang kurang tidur cenderung jarang makan sayuran. Orang lapar yang mengantuk cenderung lebih banyak memakan karbohidrat dan makan sedikit protein dan lemak.


Dibawah ini cara-cara agar dapat tidur nyenyak:
1. Perpanjang jam tidur sesuai dengan jadwal (terjadwal)
Pastikan menyelesaikan tugas-tugas yang ada agar mempunyai banyak waktu utnuk tidur. Menambah waktu tidur satu jam, berarti mengurangi 6,35 kg per tahun.

2. Selalu ingat waktunya tidur
Kita tidak bisa memastikan kapan kita akan bangun dari tidur, tetapi sebaliknya kita dapat mengontrol kapan waktunya kita untuk tidur yang tepat. Jika masih merasa kewalahan untuk bangun, pergunakan alam selalu mengingatkan kita.

3. Minum suplemen.
Minum suplemen kalsium dan magnesium yang membantu menenangkan sistem saraf, serta bertindak sebagai pembantu tidur secara alami. Dosis amannya adalah 600 miligram kalsium dan 400 miligram magnesium.

4. Mematikan lampu
Lingkungan tidur yang terbaik adalah gelap, tenang dan dingin. Bantu dengan menggunakan  masker mata untuk memblokir cahaya yang dapat membuat tetap terjaga.
Matikan semua peralatan elektronik yang memancarkan cahaya dari kamar tidur, seperti TV dan komputer. Gelap membantu tubuh merangsang produksi melatonin, hormon yang menyebabkan kantuk.

5. Relaksasi
Salah satu yang mengacaukan adalah stres. Menbuang jauh - jauh stres dapat membantu kita untuk tidur dengan lelap, yaitu dengan cara relaksasi yang menenangkan seperti menarik nafas dalam-dalam, meditasi ataupun relaksasi otot yang progresif.

"Mandi dengan air hangat sebelum tidur, serta dengarkan musik yang menenangkan".
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...