Sunday, August 5, 2012

Tips Minum Obat Warung


ilustrasi(dok)
Kebanyakan orang sangatlah akrab dengan obat-obatan pereda sakit yang banyak dijual di warung-warung atau ditoko - toko, saat sedang merasakan sakit kepala, flu atau badan pegal-pegal, serta pilek. Bagai mana cara mengkonsumsi dengan aman obat - obatan yang dijual bebas tersebut?

"Semua obat yang diperboleh dijual di warung - warung, tergolong obat bebas dan biasanya obat ini hanya boleh dikonsumsi oleh orang yang mempunyai fungsi organ-organnya baik atau tidak mempunyai penyakit fatal atau tertentu. Dengan begitu  obat tersebut belum tentu cocok untuk kalangan semua orang,"


Semua obat yang dijual bebas biasanya merupakan obat simpomatik, dalam arti obat tersebut hanya mampu mengatasi gejala-gejala yang ditimbulkan tetapi tidak menyembuhkan akar dari penyakitnya tersebut.
"Misalnya obat-obatan seperti parasetamol, sangatlah memang aman untuk Anda konsumsi, asal dosisnya jangan terlalu besar dalam arti misalnya tidak sampai 11 kali lipat atau mencapai 10-15 gram (10.000-15.000 mg) dikarenakan  bisa bersifat toksik. Asal  hanya dikonsumsi 3-4 kali masih tergolong sangatlah aman," 

Bisa diantisipasi apakah obat yang dijual bebas itu aman atau tidak, sebaiknya Anda pelajari tanda warna lingkarannya yang tertera. Obat yang boleh dijual di warung adalah yang mempunyai tanda lingkaran hijau yang artinya dosisnya tergolong aman.
Berbeda dengan obat yang mempunyai tanda lingkaran biru misalnya, bisa diartikan merupakan obat bebas terbatas yang cuma boleh dijual di toko - toko obat resmi atau apotik, tapi bisa Anda beli tanpa menggunakan resep. Sedangkan obat dengan tanda lingkaran merah merupakan golongan  obat keras yang harus menggunakan  resep dari dokter.

"Apabila terlalu sering  dikonsumsi bisa saja timbul reaksi serta gangguan pada organ tubuh misalnya ginjal atau hati. Selain itu bisa membuat seseorang menjadi kecanduan karena terbiasa atau ketergantungan dengan obat tersebut sehingga jika sakit dan tidak minum obat yang sama tubuhnya akan merasa tidak nyaman," .

Lalu bagaimana cara yang bisa dilakukan agar bisa mengonsumsi obat-obatan warung dengan aman petunjuk berikut ini:
  1. Silahkan Anda memperhatikan tanda warna lingkaran dari obat-obatan yang ana Anda konsumsi tersebut.
  2. Dibaca terlebih dahulu dan diperhatikan semua kandungan serta dosis dari obat yang akan dikonsumsi.
  3. Secra umum obat yang dijual bebas mengandung dosis yang tidak sangatlah besar sehingga masih memiliki batas yang tergolong aman  
  4. Mengetahui kondisi tubuh diri sendiri terutama fungsi dari ginjal dan hati. Karena dosis yang tercantum dalam obat bebas biasanya untuk orang yang memiliki fungsi organ normal
  5. Alangkah baiknya batas waktu saat mengonsumsi obat bebas hanya selama 3 hari saja, jika tidak ada perubahan sebaiknya hentikan penggunaan obat dan melakukan konsultasikan ke dokter. Bisa ada kemungkinan gejala yang ditimbulkan akibat dari penyakit lain.
  6.  Selalu Usahakan membaca brosur obat yang meliputi dosis penggunaannya, indikasi, efek samping yang ditimbulkan dan kontra indikasi dengan seksama serta tanggal kadaluwarsanya. Dan jika setelah mengkonsumsi obat kemudian timbul salah satu efek samping yang tercantum didalam brosur, maka waspadalah Anda sesegera mungkin untuk  berhenti mengkonsumsinya




Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...