Sunday, August 5, 2012

Tips Agar Tetap Nyaman Pada Saat Haid


ilustrasi (dok )
Perempuan mengalami menstruasi setiap bulannya dan kondisi ini kadang menimbulkan rasa tidak nyaman.Langkah-langkah berikut bisa membuat anda nyaman saat menstruasi.

Menstruasi adalah proses luruhnya dinding rahim sebagai akibat tidak adanya pembuahan yang ditandai dengan pendarahan dan biasanya berlangsung selama 3-7 hari. Umumnya siklus menstruasi rata-rata terjadi selama 28 hari.

Pada saat menstruasi banyak perempuan yang mengalami gejala premenstrual syndrome (PMS) seperti rasa kram atau nyeri, perut kembung, perubahan suasana hati hingga tidur yang terganggu. Kondisi ini tentu menimbulkan rasa ketidaknyamanan di dalam tubuh perempuan.

Berikut hal-hal yang dilakukan perempuan agar tetap nyaman pada saat menstruasi:

1. Makan makanan sehat
Pada saat menstruasi atau sebelumnya perbanyak makan sayuran hijau, buah-buahan yang meningkatkan asupan air serta cairan. Minum segelas susu hangat saat baru menstruasi, hindari makanan pedas dan berminyak karena dapat memperparah keadaan.

2. Hindari perut kembung
Usahakan olahraga secara teratur terutama di pagi hari dan mendapatkan tidur nyenyak setiap malamnya. Hal ini akan membantu menghindari perut kembung sehingga melawan sebagian besar masalah yang muncul saat menstruasi.

3. Menjaga kebersihan diri
Sering-seringlah mengganti pembalut setiap 4-6 jam dan selalu cuci tangan sebelum serta sesudah mengganti pembalut.

4. Menjaga kelembaban dan tetap kering
Menjaga kelembaban dan tetap kering adalah hal yang sangat penting untuk menghindari bau yang tidak sedap serta mengurangi risiko kemungkinan terkena infeksi atau jamur. Jika menggunakan celana dalam yang ketat, maka hindari pemakaian lebih dari 6 jam karena bisa menimbulkan gatal yang memicu rasa tidak nyaman.

5. Gunakan baju yang nyaman
Kenakan pakaian yang tepat dan nyaman di tubuh, menggunakan celana jins ketat dan atasan yang terlalu pas di badan akan menimbulkan ketidaknyamanan sehingga memperburuk kondisi. Gunakanlah warna-warna cerah sehingga tubuh merasa senang dan positif.
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...