Friday, August 24, 2012

Dampak Antibiotik Pada Bayi di Bawah 6 Bulan


ilustrasi (dok)
Lebih berwaspadalah apabila ingin memberi obat antibiotik kepapa bayi karena dampaknya akan buruk tehadap kesehatan apabila pemberiannya tidak sesuai dengan indikasi. Bayi yang berumur dibawah 6 bulan akan mengalami obesitas jika pada usia tersebut sering diberi obat antibiotik.
Cermatlah memberikan antibiotik pada bayi karena 


Obeasitas atau berat badan berlebihan akan berdampak tidak baik  bagi kesehatan anak. Jika sampai saat ini  obesitas dipandang hanya sebagai akibat pola makan yang kurang sehat serta kurang bergerak, riset-riset hasil penemuan terakhir menyebutkan penyebabnya yang lebih kompleks, termasuk antibiotik.

"Mikroba dalam usus kita berperan penting dalam penyerapan kalori, Pemberian antibiotik, pada usia sangat dini mungkin akan membunuh bakteri baik yang berpengaruh pada penyerapan nutrisi ke tubuh sehingga kita terhindar dari kegemukan". 

Dalam penelitian terbukti bahwa adanya hubungan antara perubahan triliunan sel mikroba di tubuh dengan obesitas, penyakit inflamasi perut, asma, dan penyakit lainnya. Akan tetapi e penyebab langsung antara kedua hal itu belum diketahui.

Dalam penelitian data penggunaan antibiotik pada 11.552 anak yang lahir di wilayah Britain Avon antara tahun 1991 dan 1992 yang mengikuti studi jangka panjang mengenai kesehatan dan perkembangan.
Alhasil anak-anak yang diberi antibiotik pada usia lima bulan pertama, berat badannya lebih banyak dibanding dengan yang tidak diberi obat antibiotik.
Perbedaan antara usia 10 sampai 20 bulan memang kecil, tetapi di usia 38 bulan anak-anak yang diberi antibiotik 22 persen lebih mungkin mengalami kegemukan.
Masa - masa pemberian obat antibiotik ternyata berpengaruh besar. Anak-anak yang baru mendapat antibiotik di usia 6 - 14 bulan tidak memiliki indeks massa tubuh lebih besar di kemudian hari.

Antibiotik memengaruhi berat badan manusia juga kesehatan, termasuk pada anak-anak  meskipun penelitian ini masih diperlukan riset yang berkelanjutan.
Share this article :

0 comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...